DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Jalan Bengkirai Bakal Tembus Jalan Tjilik Riwut

i jalan yang kerap dilalui warga akan dilakukan buka tutup saat memasuki area bandara," ungkapnya.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan memperpanjang badan jalan yang ada di perkampungan Bengkirai tembus ke Jalan Cilik Riwut Km 4.

Perpanjangan jalan bagi warga yang berada di wilayah itu tidak hanya tembus ke Jalan Cilik Riwut. Jalan yang diberi nama Karya Bersama persis berada di pinggir Sungai Mentaya itu juga nantinya akan tembus ke Kelurahan Tanah Mas dan ke Hutan Sanggota.

“Tahun ini Jalan Bengkirai sepanjang 435 kilometer akan diaspal dengan menggunakan dana sekitar  RP 700 juta dari APBD Provinsi Kalteng. Sedangkan untuk selanjutnya mulai dari pembukaan badan jalan sampai diaspal yang nantinya tembus ke Jalan Cilik Riwut Km 4 akan menggunakan dana APBD Kotim,” kata Bupati Kotim Supian Hadi saat meninjau jalan di kawasan itu, Jumat (12/7/2019).

Menurut bupati, pembukaan jalan bagi warga yang berada di wilayah itu, lantaran landasan Bandar Udara (Bandara) H Asan Sampit nantinya akan diperpanjang lagi.

“Nanti jalan yang kerap dilalui warga akan dilakukan buka tutup saat memasuki area bandara,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa SHD itu menjelaskan, nantinya warga yang tinggal di Bengkirai bisa melewati jalan lingkar utara tembus ke bundaran dan Jalan Samekto, jika ingin masuk ke Kota Sampit. “Kalau ingin lancar nanti jalannya melewati lingkar utara. Sementara jalan yang ada ini dilakukan dengan sistem buka tutup,” bebernya.

Sekarang ini, kata bupati, pembukaan jalan tersebut terkendala masalah pembebasan lahan. Ada pun lebar jalan nanti dengan luas 12 meter dan sisi jalan akan dibangun draniase. Mudahan dalam waktu dekat masalah pembebasan lahan cepat tuntas.

“Saya minta pemetaan tanah dalam bulan ini bisa selesai agar pembahasan anggaran bisa dibahas sebelum tahun 2020. Jadi saya minta camat, lurah beserta staf bisa cepat mengurus pembebasan lahan dengan pemilik tanah,” pungkasnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!