DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dilakukan Secara Online

Kepala Disnaker Kota Palangka Raya, Mesliani Tara, Selasa (7/4/2020).

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota setempat, membuka pendaftaran Kartu Pra Kerja, khusus untuk warga Kota Palangka Raya yang terkena pemutusan hubungan kerja atau yang dirumahkan akibat terdampak Covid-19.

“Iya pembukaan pendaftaran kartu pra kerja ini dilakukan secara online, yakni melalui website resmi milik Disnaker www.prakerja.go.id. Terhitung mulai hari ini (7 April 2020 red),”ungkap Kepala Disnaker Kota Palangka Raya, Mesliani Tara, Selasa (7/4/2020).

Dengan dibukanya pendaftaran secara online kartu pra kerja tersebut, maka lanjut Mesliani, bagi warga Kota Palangka Raya, terutama yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat terdampak Covid-19 bisa segera mendaftarkan diri.

Adapun terkait batas waktu yang ditentukan sampai kapan akhir waktu pendaftaran kartu pra kerja tersebut, hingga kini jelas dia belum ada ketentuan. Namun yang pasti, upaya menjaring sebanyak-banyak warga yang terkena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkan terbuka lebar diberikan pemerintah.

Sementara itu, sesuai aturan pemerintah pusat, maka nantinya peserta program kartu pra kerja akan mendapatkan insentif dan bantuan pelatihan sekitar Rp 3 juta lebih.

Insentif dan bantuan pelatihan yang diterima peserta pra kerja tersebut dengan rincian, biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, lalu insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu.

“Insentif dan bantuan pelatihan yang diterima peserta pra kerja tersebut akan ditransfer secara bertahap. Terhitung selama 3 sampai 4 bulan yang akan masuk secara langsung ke dompet digital atau e-wallet peserta,”terang Mesliani.

Disampaikan, para peserta yang sudah terdaftar nantinya akan mengikuti pelatihan yang dilakukan secara online. “Bagusnya nanti para peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikuti,”bebernya.

Dalam bagian lain Mesliani menyampaikan, hingga saat ini ada sekitar 900 warga di Kota Palangka Raya telah terdaftar sebagai penerima kartu pra kerja. Data sebanyak Itu merupakan data sebelumnya atau sebelum dibukanya kembali pendaftaran kartu pra kerja inisecara online.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *