Palangka Raya

Harga Cabai Mulai Merangkak Naik

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sejumlah harga komoditas pokok di pasar tradisional Kota Palangka Raya dikhabarkan mulai merangkak naik. Seperti harga cabai yang saat ini sudah mencapai harga Rp. 50 ribu sampai Rp.60 ribu per kg, berada di atas harga normal.

Tidak hanya komoditas itu saja, kenaikan harga kebutuhan masyarakat lainnya seperti sembako juga bisa saja mengalami kenaikan, terlebih sudah mendekati pelaksanaan bulan puasa Ramadhan.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya Ikhwanudin mengatakan, jika dinasnya bakal turun untuk melakukan pengecekan terkait khabar mulai naiknya harga komoditas dipasaran.

“Seperti khabar adanya kenaikan harga cabai ini di pasaran. Hingga saat ini kami belum mengetahui persis seberapa tinggi harga cabai ini.Namun Disperindag segera melakukan pengecekan,”ungkapnya, Rabu (10/4/2019).

Pengecekan tersebut kata dia akan dilakukan tidak hanya pada komoditas cabai itu saja, melainkan dilakukan secara keseluruhan terhadap komoditas kebutuhan masyarakat lainnya.

“Sejauh ini Desperindag selalu melakukan upaya mengawasan untuk memontor harga di pasaran. Nah, kalau untuk harga komoditas cabai sebesar itu tadi, berarti diluar harga normal yang selama ini kami data, “ujarnya lagi.

Lanjut Ikhwanudi, upaya pemantauan dan pengawasan harga komoditas kebutuhan pokok yang dilakukan pihaknya secara berkesinambungan dilakukan.Seperti pengawasan dan pemantauan harga di Pasar Kahayan, dimana kata dia dilakukan pihak Disperindag dua kali dalam seminggu.

“Artinya pengawasan terhadap kebutuhan pokok masyarakat ini sudah kami dilakukan secara maksimal,”tuturnya.

Memang tidak bisa dipungkiri tambah Ikhwanudin, jika menjelang bulan puasa selalu ada saja terjadi kenaikan sejumlah harga sembako. Namun begitu Disperindag akan terus melakukan pengecekan dipasaran, terutama memastikan ketersediaan pangan selama menjelang ataupun saat pelaksanaan bulan puasa Ramadhan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!