DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Walikota Dorong Pengembangan Ternak Rusa

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin meninjau secara langsung penakaran rusa yang ada di wilayah Kecamatan Rakumpit.

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM-Pengembangan ternak rusa, tampaknya menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini.

Bahkan beberapa waktu lalu Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin meninjau secara langsung penakaran rusa yang ada di wilayah Kecamatan Rakumpit kota setempat.

“Ya, beberapa waktu lalu kami meninjau penangkaran rusa diwilayah Kecamatan Rakumpit. Lokasi dan tempat penakarannya sudah bagus. Ini bisa terus kita kembangkan kedepan,” ungkapnya, Selasa (25/2/2020).

Menurut Fairid, Kota Palangka Raya memiliki potensi untuk mengembangkan ternak rusa. Terlebih dilihat dari struktur lahan yang mumpuni untuk lokasi pengembangan ternak tersebut. Tinggal bagaimana upaya tekun dalam pengembangan dan pengelolaannya.

“Saya berkeyakinan, Kota Palangka Raya mampu mengembangkan ternak rusa ini. Waktu berkunjung ke pekaranan di Rakumpit terlihat pengembangannya sudah cukup bagus,”ujarnya lagi.

Kedepan lanjut Fairid, diharapkan pengembangan ternak rusa mampu menjadi salah satu upaya mendongkrak sektor pengembangan peternakan.

Terlebih selama ini potensi peternakan di Kota Palangka Raya memang memerlukan sentuhan pengembangan secara optimal. Terutama upaya kuat baik dari pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat itu sendiri.

“Kita ambil contoh penangkaran rusa ini, jika mampu berkembang maka tidak mustahil mampu berkontribusi dalam mendongkrak perekonomian daerah,”sebutnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, melalui pengembangan dan pengelolaan penangkaran rusa yang dilakukan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan berpotensi diarahkan untuk mendukung kepariwisataan daerah.

“Bukan mustahil, pendapatan asli daerah bisa meningkat, bahkan ekonomi masyarakat sekitar penangkaran juga akan meningkat pula,”bebernya.

Adapun di penangkaran rusa yang tidak jauh dari Kelurahan Petuk Bukit Kecamatan Rakumpit tersebut, berdasarkan informasi pihak Kecamatan Rakumpit terdapat 33 ekor rusa dan 23 ekor Sapi. Kedepan penakaran rusa ini diharapkan menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *