Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Jelang Kemarau, Bartim Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

"Mempersiapkan diri baik dari personil, peralatan sampai sosilisasi juga harus dilakukan," ucap Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas, Rabu (17/6/2020).

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Selain menghadapi wabah Covid-19 ini, Pemkab Bartim di musim kemarau ini juga mulai mengantisipasi bencana musiman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). pada pagi hari ini menggelar apel kesiapsiagaan.

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Barito Timur, ini dipimpin Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas. Apel yang melibatkan berbagai satuan keamanan dan unsur terkait ini juga dihadiri Kapolres Barito Timur AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K Perwakilan Kodim 1012 Buntok berserta jajaran dan sejumlah pejabat lainya.

Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas menyampaikan, apresiasinya kepada Polres, Kodim 1012 berserta jajaran serta seluruh komponen masyarakat yang turut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana di daerahnya.

“Mempersiapkan diri baik dari personil, peralatan sampai sosilisasi juga harus dilakukan,” ucap Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas, Rabu (17/6/2020).

Dalam penjelasannya, kebakaran hutan dan lahan bukan hanya disebabkan gejala alam dengan timbulnya titik-titik hotspot pada musim kemarau melainkan disebabkan prilaku masyarakat yang membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar yang sangat rentan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk itu, Ia mengimbau kepada masyarakat Barito Timur agar meningkatkan kewaspadaan serta merubah perilaku pembakaran baik pada saat membuka maupun membersihkan lahan.

“Ini adalah langkah awal baik TNI dan Polri maupun pemerintah daerah untuk bersiap diri menghadapi musim kemarau yang mungkin bisa berimbas pada Karhutla,” tandas Ampera A.Y Mebas.

Selain itu tambahnya, dalam menghadapi musim kemarau masyarakat Barito Timur harus turut menjaga lingkungan sebagai upaya menanggulangi atau mencegah terjadinya karhutla. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!