DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Optimalkan Pemberdayaan UMKM

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Wali Kota Palangka Raya Farid Naparin mengungkapkan, pemerintah kota (Pemko) setempat sejatinya terus melakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendampingan bagi semua pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ingin melakukan inovasi berbagai program untuk usahanya. Termasuk yang berkaitan dengan keuangan UMKM.

“Pemerintah Kota Palangka Raya selalu berupaya memfasilitasi pelaku UMKM yang ada. Termasuk melakukan pendampingan untuk mendapatkan permintaan belanja dari pemerintah daerah,”ungkapnya, Jumat (30/10/2020)

Beberapa waktu lalu sambung Fairid, pihaknya baru saja melakukan sosialisasi pengadaan langsung untuk pelaku UMKM melalui aplikasi Belanja Langsung (BELA).

Artinya apa ucap dia, upaya pengembangan UMKM benar-benar mendapat perhatian tersendiri oleh pemerintah pusat maupun daerah. Terutama untuk mendukung UMKM menjalankan inovasi.

“Terutama dukungan pendampingan inovasi yang terkait keuangan UMKM. Nah, diharapkan UMKM yang ada di Kota Palangka Raya bisa menangkap peluang ini,”tukasnya.

Fairid juga menambahkan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada pelaku usaha kecil dalam hal bantuan modal bagi para pelaku UMKM.

“Memang harus diakui, selama ini banyak pemangku kebijakan yang ragu untuk mengambil kebijakan karena minimnya sosialisasi implementasi terkait regulasi. Nah, saat ini banyak pihak sudah bisa melangkah mendukung pengembngan UMKM,”ujarnya.

Sebelumnya perwakilan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)-RI Budi Arijanto, saat menghadiri sosialisasi pengadaan langsung untuk pelaku UMKM di Palangka Raya mengungkapkan,
pengadaan barang dan jasa yang melibatkan UMKM merupakan suatu sarana untuk memberi peluang gunanmendapatkan permintaan belanja dari pemerintah daerah.

“Pemerintah daerah mempunyai peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas pemulihan ekonomi nasional. Mana kala nanti diperlukan dukungan teknis kami siap bantu,” ucapnya saat itu.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *