DPRD Gunung MasGunung Mas

Ratusan Warga Gumas Ikuti Vaksinasi Massal

”Total ada 346 orang yang mengikuti vaksinasi massal Covid-19. Rinciannya, lansia 58 orang, tenaga kesehatan satu orang, dan tenaga pendidik 287 orang,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Mas, Maria Efianti, melalui Sekretaris Evelnie, Jumat (30/4/2021).

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 untuk para lanjut usia (lansia) dan tenaga pendidik sudah dilakukan. Tercatat, ada ratusan orang mengikuti vaksinasi massal, yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Damang Batu, Kuala Kurun.

”Total ada 346 orang yang mengikuti vaksinasi massal Covid-19. Rinciannya, lansia 58 orang, tenaga kesehatan satu orang, dan tenaga pendidik 287 orang,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunung Mas, Maria Efianti, melalui Sekretaris Evelnie, Jumat (30/4/2021).

Dalam vaksinasi massal tersebut, lanjut dia, partisipasi tenaga pendidik sudah sangat baik. Dari 240 dosis vaksin yang telah disiapkan ternyata yang mengikuti vaksinasi mencapai 287 orang. Namun, partisipasi lansia memang masih belum sesuai harapan, karena dari 300 dosis vaksin yang disiapkan, hanya 58 orang lansia yang mengikuti vaksinasi itu.

”Untuk jumlah vaksin Covid-19 yang kami siapkan pada pelaksanaan vaksinasi massal tersebut yakni sebanyak 600 dosis. Dengan rincian, 360 dosis untuk para lansia dan 240 dosis untuk tenaga pendidik,” ujarnya.

Dia mengakui, sebelum vaksinasi massal dilaksanakan, dinkes sebenarnya telah gencar melakukan sosialisasi terkait pentingnya mengikuti vaksinasi Covid-19, baik itu melalui media massa dan media sosial. Namun pada kenyataannya, lansia yang mengikuti vaksinasi massal masih belum sesuai harapan.

”Memang ada juga lansia yang ingin mengikuti vaksinasi massal, namun tidak lolos skrining. Kalau jumlah lansia yang hadir mengikuti vaksinasi massal Covid-19 sebenarnya banyak, namun yang lolos skrining hanya 58 orang,” tuturnya.

Dia mengakui, pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 pada Selasa (27/4) lalu merupakan suntikan dosis pertama. Mereka yang telah disuntik dosis pertama, diminta untuk dapat mengikuti suntikan dosis kedua sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

”Vaksinasi massal Covid-19 kami lakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Bahkan, diawasi langsung oleh aparat TNI dan kepolisian,” terangnya.

Sejauh ini, tambah dia, Dinkes Kabupaten Gumas juga akan segera menyusun rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Untuk waktu dan tempat, akan segera ditentukan dalam waktu dekat.

”Selama ini, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan di wilayah Kecamatan Kurun. Kami minta kepada masyarakat di kecamatan lain agar bersabar, karena nanti akan dilakukan. Tunggu gilirannya saja,” pungkasnya. (yog/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *