Katingan

Intensitas Hujan Meningkat, Wilayah Hulu Katingan Mulai Kebanjiran

Di wilayah Kecamatan Katingan Hulu, banjir akibat luapan Sungai Katingan saat ini telah menggenangi wilayah Tumbang Sanamang.

Kasongan – Peningkatan intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir membuat wilayah hulu atau Utara Kabupaten Katingan mulai kebanjiran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby, Sabtu, 2 Oktober 2021 mengatakan wilayah yang sudah mulai kebanjiran itu, yakni Kecamatan Katingan Hulu dan Kecamatan Petak Malai.

Di wilayah Kecamatan Katingan Hulu, banjir akibat luapan Sungai Katingan saat ini telah menggenangi wilayah Tumbang Sanamang.

“Di Tumbang Sanamang ini mayoritas rumah penduduk berada di bantaran Sungai Katingan. Sehingga saat air sungai pasang dan meluap, rumah warga terdampak banjir,” katanya.

Dari laporan Camat Katingan Hulu, banjir di Tumbang Sanamang ini menggenangi Pasar Sanamang.

Sementara akibat curah hujan tinggi juga menyebabkan Sungai Baraoi di wilayah Kecamatan Petak Malai hari ini pasangndan belum sampai meluap ke permukaan.

Begitu juga di wilayah hulu Sungai Samba hari ini juga dilaporkan mengalami pasang alias naik dibanding hari kemarin.

Roby juga mengatakan debit air Sungai Katingan di wilayah Kecamatan Marikit saat ini juga pasang. Bahkan di beberapa tempat air sungai mulai meluap ke permukaan.

Wilayah Marikit ini adalah hilir dari Kecamatan Katingan Hulu. Sehingga tidka heran jika di Katingan Hulu banjir maka berikutnya wilayah Marikit juga kebanjiran karena sama-sama dilalui Sungai Katingan.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!