Katingan

Warga Antusias Nyaleg Lewat DPD PSI Katingan

BACALEG : Ketua DPD PSI Kabupaten Katingan Supri (kiri) saat menerima masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) melalui partai PSI, Rabu (14/3).

KASONGAN,GERAK KATENG – DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Katingan mulai menjaring bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu Legislatif tahun 2019 mendatang. Langkah ini dilakukan PSI setelah dinyatakan lolos pada verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat beberapa waktu lalu.

Ketua DPD PSI Katingan Supri mengatakan, masyarakat dengan berbagai latar belakang mulai berdatangan ke sekretariatnya untuk mendaftarkan diri sebagai bacaleg.

“Pendaftaran dibuka hingga akhir Maret 2018, pendaftaran tanpa dipungut biaya alias gratis. Sejauh ini sosialisasi masih memanfaatkan media sosial, alhamdulilah respon masyarakat cukup antusias mendaftarkan dirinya ke partai kita,” ungkapnya, Rabu (14/3).

Pada penjaringan gelombang kedua ini, total sudah ada 15 orang yang mendaftarkan diri. Mereka berasal dari berbagai golongan, seperti mantan kepala desa, pengusaha, aktivis, dan lain sebagainya.

“Warga yang mendaftar di daerah pemilihan (Dapil) III ada delapan orang, Dapil II ada tiga orang, dan dapil I ada empat orang. Untuk sementara, baru terdapat empat orang perwakilan perempuan. Intinya kami menampung sebanyak mungkin pendaftar,” ujarnya.

Menurut Supri, para pendaftar cukup mendatangi kantor DPD PSI Katingan dan melaporkan diri serta mengisi formulir isian pendaftar. Proses pemberkasan akan dilakukan lebih lanjut dengan mengacu kepada kriteria caleg yang diatur oleh UU dan PKPU.

“Sudah dibuka sejak 1 Maret lalu dan awal April nanti akan dilaksanakan tes bagi para bacaleg tersebut di Kota Palangka Raya secara serentak se Kalteng. Mereka nantinya akan di uji oleh tim independen untuk menilai kompetensinya,” jelasnya.

Sejauh ini respon masyarakat cukup antusias, mengingat PSI merupakan partai baru yang tentunya bakal membawa perubahan dengan mengusung visi solidaritas.

“Sejauh ini sosialisasi penjaringan bacaleg kepada masyarakat melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. Pada intinya DPD PSI Kabupaten Katingan menghendaki figur anggota legislatif Katingan yang jujur, berintegritas, dan loyalitas terhadap masyarakat, serta memerangi korupsi dan inteloransi,” imbuhnya

Adapun tahapan rekrutmen terbuka bacaleg PSI tahap ke dua ini dibuka hingga 31 Maret 2018, kemudian evaluasi administrasi/dokumen pada 1 Maret sampai dengan 1 April 2018. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil evaluasi administrasi/dokumen pada tanggal 4 April 2018.

“Selanjutnya, evaluasi kompetensi dengan wawancara bersama tim panelis dilaksanalan 14 dan 15 April dan di tutup dengan pengumuman hasil evaluasi kompetensi pada tanggal 20 April, serta pengumuman hasil evaluasi sosialisasi pada 25 Mei 2018 mendatang,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!