HEADLINEPalangka Raya

Patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Berdiri Gagah

BERDIRI GAGAH : Patung Pahlawan Nasional dari Provinsi Kalimantan itu berdiri gagah pada poros awal Jalan Tjilik Riwut yang berhadapan langsung dengan Bundaran Besar (Bunbes) Palangka Raya.

PALANGKA RAYA,GK-Proyek pembuatan patung Tjilik Riwut, akhirnya rampung diselesaikan oleh pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya. Patung Pahlawan Nasional dari Provinsi Kalimantan itu berdiri gagah pada poros awal Jalan Tjilik Riwut yang berhadapan langsung dengan Bundaran Besar (Bunbes) Palangka Raya.
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Norma Hikmah, dengan telah selesainya pembuatan patung pejuang dari Kalteng tersebut, akan menambah daftar icon Kota Cantik Palangka Raya.
“Setidaknya diperlukan waktu dua tahun untuk bisa merealisasikan pembuatan patung Tjilik Riwut mulai dari peencanaan, desain hingga pelaksanaan pembuatan,”ungkapnya, Senin (29/1)
Bila dirunut tutur Norma, maka sejak tahun 2016, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya baru mampu merealisasikan pendirian pondasi sebagai tempat berdirinya patung Tjilik Riwut. Kemudian di tahun 2017 baru dilanjutkan pembuatan patungnya.
“Ya, untuk membuat patung tokoh pejuang sekaligus pendiri Provinsi Kalimantan Tengah ini tidak mudah.Sebab tidak semua orang bisa mendesain patung yang harus mirip dengan aslinya,”jelasnya
Pun demikian, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya harus mencari tenaga ahlinya, terutama ahli patung yang didatangkan dari Pulau Jawa untuk mendesain bentuk patung sosok Tjilik Riwut
Pada kesempatan itu,Norma juga mengungkapkan bahwa pada 2017 dinasnya mendapatkan dua paket pengerjaan dua patung. Dimana selain Tjilik Riwut, maka dibuat pula patung yang menggabarkan sepasang muda-mudi Dayak Kalimantan Tengah. Patung muda-mudi Dayak tersebut dibuat di kawasan Jalan Yos Sudarso atau depan TVRI Kalteng.
“Selain patung Tjilik Riwut, Disbudpar Kota Juga membuat patung Jagau dan Nyai di kawasan Jalan Yos Sudarso atau depan TVRI Kalteng. Kita harapkan dengan dibuatnya dua patung tersebut dapat memberikan nilai tambah terhadap usaha pariwisata di Kota Palangka Raya, maupun mewujudkan wajah kota yang semakin baik sebagaimana julukan Kota Palangka Raya ‘Kota Cantik’,”tutupnya.sog

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *