Kalimantan TengahKalteng BerkahKotawaringin Barat

Momentum Hari Jadi Kobar, Gubernur Ingatkan PBS Harus Berkontribusi

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Hari Jadi ke-63 tahun 2022, di Halaman Kantor Bupati Kobar, Pangkalan Bun, Senin (03/10/2022).

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pj. Bupati Kobar, Anang Dirjo mengatakan setiap dunia usaha harus berkontribusi positif terhadap pembangunan daerah.

“Setiap Perusahaan Besar Swasta (PBS) hendaknya patuh terhadap aturan untuk menjaga iklim investasi, selain itu kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar hendaknya menjadi perhatian kita bersama,” ucap Anang.

Terlebih dia menjelaskan, ketahanan pangan di tengah era inflasi dunia juga harus menjadi perhatian, dukungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dan seluruh masyarakat merupakan modal utama dalam membangun ketahanan pangan daerah.

Dia mengajak seluruh stakeholder untuk merumuskan grand design Pertanian Terpadu dengan memanfaatkan lahan yang tersedia dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pelaksanaannya. Selain itu belajar dari dampak inflasi saat ini, agar menyediakan alokasi anggaran khusus kurang lebih 10 persen, untuk membangun benteng ketahanan pangan dalam menghadapi hantaman inflasi kedepan.

“Sehingga masing-masing daerah tidak panik terkait dengan anggaran karena sudah dipersiapkan,” tutur Anang Dirjo

Sebagai informasi, Peringatan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kotawaringin Barat pada tahun 2022 ini mengusung Tema “Bersama Menjadi Kuat, Kobar Lebih Hebat”. Tema ini tentu menyiratkan semangat dan harapan bagi kita kedepan, kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia hendaknya menjadi modal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan yang merata sehingga kemajuan Kotawaringin Barat tidak hanya dirasakan oleh sekelompok orang saja melainkan seluruh masyarakat dapat merasakannya.

Turut hadir Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabra dan Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng H. Abdul Razak. Dari Pemkab hadir Pimpinan DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat, Unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Barat, Sekda Kabupaten Kotawaringin Barat, Suyanto serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat dan Para Sesepuh, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Adat Kabupaten Kotawaringin Barat. Hadir pula sejumlah Bupati se-Kalteng.(mmc/don/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *