DPRD Kota Palangka Raya

Ajak Pemuda Implemetasikan Bela Negara

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara (HBN). Adapun untuk tahun 2022 ini merupakan peringatan HBN yang ke -74 tahun dengan mengusung tema ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’.

“Sebagai negara yang mempunyai sejarah kemerdekaan yang panjang, membuat rakyat Indonesia selalu menghargai setiap perjuangan yang telah diberikan oleh para pahlawan,”ungkap Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Senin (19/12/2022).

Hal itu lanjut dia dapat dilihat dari banyaknya hari peringatan yang ditetapkan pemerintah. Salah satunya peristiwa peristiwa 19 Desember yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara.

Berdasarkan sejarah, pada 19 Desember 1948, bangsa Indonesia menghadapi situasi genting yang memaksa perpindahan Ibu Kota negara dari Yogyakarta ke Bukittinggi dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Nah, implementasi bela negara saat ini, khususnya bagi pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa, bukan lagi soal gencatan senjata melawan para penjajah. Namun lebih kepada implementasi prinsip dan falsafahnya dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Sigit.

Menurut legislator senior PDI Perjuangan Kalimantan Tengah ini, di zaman sekarang bela negara itu bisa dilakukan melalui beragam upaya dan profesi yang mencerminkan bagaimana kecintaan kita dan kebanggaan kita atas bangsa ini.

Sigit yang juga merupakan. Ketua umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia ini lebih jauh menjelaskan, bela negara merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat yang harus diaktualisasikan.

“Bisa diaktualisasikan, baik dari dunia usaha, pendidikan, pemuda, tokoh agama dan seluruh elemen bidang profesi masing-masing. Semua itu sebagai upaya semua elemen mencintai bangsa ini,” pungkasnya.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!