Gunung Mas

Bupati Gumas Sambut Kunjungan Ketua Batamad Kalteng

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas(Gumas) bersama Dewan Adat Dayak (DAD) setempat, menyambut kedatangan rombongan Ketua Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yuandrias ke Kantor DAD dan Batamad Kabupaten Gumas, Kamis (15/12/2022).

Bupati Gumas Jaya S Monong dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kedatangan dari ketua Batamad Kalteng ke Kabupaten Gumas. Sehingga, bisa memberikan semangat serta arahan kepada pengurus dan anggota Batamad yang ada di wilayah setempat.

“Selamat datang kepada Ketua atau Panglima Batamad Kalteng, Yuandrias ke Gumas. Maka pada kesempatan ini, saya berharap kepada pengurus dan anggota Batamad agar bisa memahami tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dari Batamad,” ucap Jaya S Monong saat membuka kegiatan di kantor DAD.

Selain itu, jelas dia, jangan sampai ikut-ikutan saja tetapi tidak memahami daripada kerja mereka. Apabila sudah menjadi anggota (Batamad,red)) maka bisa menjalankan tugas dari Batamad itu sendiri. Ia juga mengingatkan kepada anggota harus mentaati aturan, supaya ada kekompakan serta adanya sinergitas antara pengurus dan anggota.

“Kemudian perlu adanya kekompakan dan kebersamaan. Karena kita ini bukan kurang kuat, tetapi kita ini luar biasa, asal kita ini bisa bersatu, bersinergi atau hapakat bahasa Dayaknya,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Harian DAD Gumas Herbet Y Asin menyambut baik adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Batamad, apalagi adanya kunjungan dari Panglima Batamad Kalteng ke Gumas ini. Maka pihaknya berharap dengan fungsui Batamad itu sesuai dengamn Perda No 33 Pasal 34 bahwa Batamad itu merupakan pengawal keputusan dari Damang.

“Dengan kesunguhan mereka Batamad kami DAD sangat mendukung, apalagi kalau pembentukan Batamad ini sampai ke wilayah kecamatan sampai ke desa-desa, dan mereka ini sebagai Polisi adat mereka ini bisa meninjau lapangan biasanya bisa terjadi ketegangan mereka lah yang mengawal itu,” tukas dia. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *