Barito Timur

Begini Isi Pidato Menteri Agama di HAB Kemenag Ke 77, Dibacakan Wakil Bupati Barito Timur

Foto : Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh memimpin kegiatan Hut HAB ke-77 tahun 2023.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, mengelar upacara dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-77 di halaman Kantor Kementerian Agama setempat, Selasa (3/1/2022).

Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur mengusung tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat,”.

Kegiatan yang berlangsung sederhana dengan dihadiri Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, sekaligus bertindak sebagai inspektur Upacara, pada acara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-77 bertempat di halaman kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur.

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, bahwa tema HAB Ke-77 tahun ini yaitu “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat,”.

Selanjutnya, Habib Said Abdul Saleh, juga membacakan isi sambutan Menteri Agama RI, mengatakan, puncak peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI yang ke-77 adalah pada tanggal 3 Januari 2023 yang ditandai dengan pelaksanaan Upacara Bendera di seluruh satuan kerja Kementerian Agama pusat dan daerah sesuai ketentuan.

Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI setiap tanggal 3 Januari, merefleksikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa perintis dan pendiri Kementerian Agama.

“Tujuan yang paling penting dari setiap peringatan Hari Amal Bhakti adalah untuk mengunggah kembali tekad seluruh jajaran Kementerian Agama agar meneruskan Amal bakti dalam melayani dan membimbing kehidupan beragama di Indonesia,” kata wabup.

Sambutan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI, mengandung konotasi bahwa lahir dan hadirnya Kementerian Agama RI merupakan salah satu rentetan konsensus nasional mengenai dasar dan ideologi negara, yaitu Pancasila.

Hari Amal Bhakti Kementerian Agama merupakan peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama.

Hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama.

Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kesejahteraan mental dan spritual hidup manusia.

Di dalam pidato Menteri Agama pada Upacara Hari Amal Bhakti Ke-77, Menteri Agama mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

Menteri Agama juga menyampaikan bahwa birokrasi Kementerian Agama telah terlihat berubah menjadi lebih lincah dan responsif. Beragam inovasi digital terus dilakukan, salah satunya dengan kehadiran aplikasi layanan Kementerian Agama bernama Pusaka Super Apps.

Menteri Agama juga menegaskan bahwa kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, terlebih menjelang Pemilu 2024. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas akan terwujud jika antara masyarakat saling rukun dan damai.

Di akhir pidatonya, Menteri Agama mengucapkan selamat kepada PNS Kementerian Agama yang telah menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya sebagai bentuk apresiasi batas pengabdian kepada negara.

Demikian, Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, membacakan sambutan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada peringatan HAB Ke-77 yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *