Gunung Mas

Disbudparpora Dukung Pelestarian Kebudayaan Tiwah

Gunung Mas, Gerakkalteng.Com – Demi menjaga kelestarian kebudayaan, sebagai wujud peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan. Pemerintah daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) mendukung kegiatan Tiwah di desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya.

“Prosesi kegiatan hari ini yaitu maja magah peteng dawen dari desa Hurung Bunut atau yang disebut juga saling meminjamkan barang. Begitu juga yang telah dipinjamkan, harus membayar tidak boleh kurang atau lebih”, ucap Ilwis ketua panitia maja magah peteng dawen, rabu (18/7/2018) siang.

Ilwis pun mengatakan barang-barang tersebut dapat berupa seekor binatang, beras, bambu, umbul umbul kuning, atau yang berupa sembako dan banyak lainnya.

Rody salah satu warga desa Tumbang Empas pun menjelaskan tanggal 19 juli 2018 akan diadakan ritual Tiwah yaitu prosesi menghantarkan roh leluhur sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka atau juga yang disebut “Tabuh” dengan cara menyucikan dan memindahkan sisa jasad dari liang kubur menuju sebuah tempat yang bernama sandung.

Menggelar acara Tiwah diperlukan persiapan panjang dan cukup rumit serta pendanaan yang tidak sedikit. Selain itu, rangkaian prosesi tiwah memakan waktu hingga berhari-hari nonstop, bahkan bisa sampai satu bulan lebih lamanya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!