Kalimantan Tengah

BNN Galakkan KIE Perangi Bahaya Narkoba

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM – Dalam rangka program Kalteng Bersinar (Bersih Narkoba), BNN mengadakan sebuah seminar sebagai upaya untuk menggalakkan KIE (Komunikasi, Ilmu dan Edukasi) perang terhadap narkoba dengan mengundang para guru dari berbagai SMA di Palangka Raya yang bertempat di Hotel Marimar Jln. Tjilik Riwut 2,5 Km, Senin (22/10).
Pembicara dalam acara ini adalah Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Manusia (P2M) Palangka Raya Baja Sukma, S.P, Msi, Ketua Kader Anti Narkoba Kalteng Heru Setiawan dan sebagai tamu kehormatan Kadis Pendidikan Kalteng Dr. H. Slamet Winaryo, M.si.
Dalam tindakan mengedepankan pencegahan BNN memberikan edukasi dan penyuluhan terhadap para guru SMA yang harapannya dapat mendidik serta menginformasikan setiap harinya kepada siswa tentang bahaya narkotika serta dampak negatifnya agar menjauhi narkoba.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengimbau salah satu komponen dasar masyarakat yakni guru untuk ikut serta berperan aktif terlibat dalam KIE perang atas Narkoba. Baja Sukma mengatakan, Palangka Raya dalam kondisi gawat darurat narkoba, karena terjadi peningkatan signifikan. Untuk jumlah pencandu narkoba, menurut Baja dari 1,5 % menjadi 1,98 % setelah mengevaluasi hasil observasi lapangan. Sebab itulah pihak BNN bekerja keras dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Polda, instansi-instansi serta berbagai kalangan masyarakat dalam membuat jaringan seperti jaring laba-laba dengan memperkuat eksistensinya dalam memerangi narkoba untuk mengalahkan jaringan narkoba yang sudah eksis sebelum adanya BNN.
“Tindakan pencegahan adalah suatu langkah awal dan dalam eksekusi terhadap pelaku narkoba, bukan banyaknya orang yang ditangkap akan tetapi berapa banyak barang sitaan narkoba yang bisa dimusnahkan oleh pihak kami dan aparat hukum,” ucapnya.
Mengingat sejarah suksesnya pemerintah Orba memberantas komunis, maka menurut Baja, BNN merefleksikan Inpres No. 6 tahun 2018 dengan pola Perang KIE untuk menanamkan dan mengubah mindset masyarakat dimana narkoba adalah momok ibarat monster yang dapat menghancurkan generasi muda. (FG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!