EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Pembelajaran Tatap Muka Dinilai Lebih Efektif

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Saat ini semua sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah melakukan pembelajaran tatap muka (PTM), setelah sebelumnya sempat dilakukan secara online lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang meningkat.
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim Mahbub mengatakan, sebelumnya memang masih ada penyesuaian dari pembelajaran online ke PTM, yakni masih ada sejumlah pembelajaran dilakukan secara online.
“Namun karena kondisi pandemi di daerah kita sudah turun, dan juga sekolah-sekolah sudah siap, maka beberapa bulan terakhir ini semua sekolah sudah melaksanakan PTM. Karena memang lebih efektif dibandingkan online dalam hal memberikan pendidikan yang layak,” ujarnya, Kamis 6 Oktober 2022.
Apalagi, jelasnya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang berlangsung selama masa pandemi Covid-19 tidak hanya memiliki dampak learning loss atau menurunnya kemampuan belajar, namun juga berdampak pada perubahan perilaku peserta didik.
“Sehingga peran guru harus maksimal setelah kembali dilaksanakan PTM ini dalam hal membentuk kembali karakter anak. Karena semasa belajar dari rumah, karakter anak ini tidak terpantau oleh guru, maka pembimbingannya juga dirasa kurang,” ucapnya.
Bahkan guru-guru juga mengakui bahwa bimbingan dari guru yang dilakukan melalui PJJ jauh berbeda dibandingkan melalui PTM. Karen dinilai lebih baik dan lebih efektif sebab ada interaksi langsung antara siswa dengan guru. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *