Gunung Mas

Wabup Gumas Buka Kegiatan Rakor Kepsek

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, mengadakan rapat koordinasi (Rakor) bersama ratusan lebih kepala sekolah (Kepsek) wilayah setempat. Ini untuk mengevaluasi menyusun kinerja dan program kerja di tahun 2023 mendatang.

Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing mengatakan, terkait inovasi aplikasi teknologi seperti Massive Open Online Course (MOOC) dan Artificial intelligence. Yang pertama adalah inovasi pembelajaran daring yang dirancang terbuka, saling berbagi, terhubung atau berjejaring satu sama lain.

“Demokratisasi pengetahuan yang menciptakan peluang bagi setiap orang untuk memanfaatkan teknologi secara produktif. Sedangkan, yang kedua adalah mesin kecerdasan buatan yang dirancang untuk melakukan pekerjaan spesifik untuk membantu tugas-tugas keseharian, maka atas nama Pemda Gumas rakor ini resmi kita buka,” ucap Efrensia LP Umbing, Rabu (16/11/2022).

Khusus dibidang pendidikan, ujarnya, artificial intelligence membantu pembelajaran secara individual, yang mampu melakukan pencarian informasi dan menyajikannya dengan baik lagi kemasyarakat. Pada kesempatan ini, ia mengajak Kepsek untuk turut mendukung Smart Agro, Smart Tourism, dan Smart Human Resources.

“Dalam Smart Human Resources ini sangat tepat jika Bapak, Ibu Kepsek sebagai ujung tombak dalam peningkatan Sumber SDM terlebih lagi untuk Kurikulum Merdeka sudah dimulai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Aprianto mengakui bahwa pihaknya memiliki pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pertama SDM, sehingga perlu adanya penyiapan. Baik itu melalui musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) terlebih lagi melalui semua elemen organisasi fungsional.

“Kemudian, kami juga berharap organisasi profesi seperti PGRI dan IGI bisa menjadi mitra kita dalam merumuskan kebijakan yang strategis dibidang pendidikan serta bisa menjadi patner dalam mengawal semua kebijakan pendidikan kita selama ini,” pungkas dia. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *