DPRD Kota Palangka Raya

Pastikan Kebutuhan Pokok Aman Usai Lebaran

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya-Permintaan akan kebutuhan bahan pokok atau bapok masyarakat saat bulan ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H yang lalu di Kota Palangka Raya, dinilai cukup tinggi.

Karena itu Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya Anna Agustina Elsye, mendorong pemerintah kota (Pemko) setempat melalui instansi terkaitnya untuk memantau terus kondisi dan ketersediaan bahan pokok. Terutama pasca lebaran.

“Tidak bisa kita pungkiri, harga komoditas bahan pokok tertentu kerap melonjak setiap menjelang hari besar keagamaan. Terlebih seiring tingginya permintaan,” ungkap Anna, Selasa (25/4/2023) di Palangka Raya.

Terlepas dari itu lanjut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Gerindra ini, yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana upaya memantau ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan pokok, sekaligus menekan harga bahan kebutuhan pokok agar tidak melonjak pasca lebaran.

Hal ini bisa dilakukan pemerintah daerah melalui instansi terkait, untuk melakukan pemantauan secara dini, mendata dan melaporkan setiap saat harga komoditas yang berindikasi rawan naik.

Menurut Anna, dengan adanya pemantauan secara dini, maka akan ada upaya mengantisipasi dan menekan jangan sampai terjadi lonjakan harga komoditas kebutuhan pokok yang sangat tinggi.

“Memang harus diakui, tingginya harga dari sejumlah komoditas selama ini, lebih dipengaruhi akan tingginya permintaan serta ketersediaan dari komoditas atau bahan pangan itu sendiri,” ujarnya menambahkan

Anna mencontohkan komoditas seperti ayam potong, dimana selalu terjadi lonjakan. “Maka itu setidaknya ada upaya menekan, agar harga jual di pasaran tidak jauh melonjak. Artinya bisa saja naik, namun masih diharga yang wajar,”tandasnya.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!