HEADLINEKatingan

Capaian Kabupaten Katingan, Penyerapan Anggaran Katingan Peringkat I Dan Realisasi Pendapatan Daerah Peringkat III se-Kalteng

KASONGAN –  Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si menghadiri sekaligus membuka Rapat Pimpipinan (Rapim) Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) dan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan III Tahun 2023.

Rapat tersebut, dilaksanakan dilaksanakan di Aula Kantor Bappedalitbang Katingan, Senin (16/10/2023). Hadir kala itu, antara lain Sekda Katingan Pransang, S.Sos, Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda Katingan, para Kepala SOPD dan perwakilannya dan camat se-Kabupaten Katingan serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan jika kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersama-sama dalam rangka efisien, efektivitas, akuntabilitas serta evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Termasuk pula, evaluasi terhadap penyerapan anggaran pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan Triwulan III Tahun Anggaran 2023.

Pelaksanaan Tepra dan Rakordal bertujuan melakukan evaluasi terhadap penerimaan pendapatan dan penyerapan APBD Triwulan III serta proses pengadaan barang/jasa pemerintah baik melalui pembiayaan APBD, APBD Kabupaten dan DAU serta DAK. “Ini untuk memperoleh gambaran, sejauh mana capaian indikator kinerja perangkat daerah dalam pelaksanaan rencana pembangunan. Selain itu, sebagai persiapan pelaksanaan penyerapan anggaran Triwulan iV Tahun 2023,” jelasnya.

Saiful mengungkapkan, bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi Tim Tepra Provinsi Kalimantan Tengah pada rapat minggu lalu, Kabupaten Katingan dalam penyerapan anggaran berada pada peringkat I dari 14 Kabupaten dan Kota. Sementara realisasi pendapatan daerah, Katingan di peringkat III. “Saya ucapkan terima kasih pada seluruh perangkat daerah dan kecamatan, semoga prestasi ini tetap dipertahankan,” tuturnya.

Dengan adanya penyerapan anggaran, lanjutnya, akan menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat dalam upaya mengatasi inflasi Tahun 2023. Itu nantinya, akan menggerakan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Katingan Bermartabat dan Kalimantan Tengah semakin Berkah.

“Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah tersedianya data dan informasi, sebagai bahan evaluasi pengawasan realisasi anggaran dan pelaksanaan program serta kegiatan pembangunan Triwulan III Tahun Anggaran 2023. Selain itu, mewujudkan konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian, monitoring, evaluasi program dan kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan hingga 30 September 2023,” imbuhnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!