DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Kotim Darurat, Jangan Ada Yang Bakar Lahan 

SAMPIT, Gerakkalteng.com- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Sarjono SH,menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan, apapun alasannya.

“Saat ini kita sudah masuk dimusim kemarau, api kecilpun sangat gampang menjadi besar dan sulit untuk dipadamkan, jika tidak ingin berhadapan dengan penegak hukum sebaiknya masyarakat jangan membakar lahan,” Pungkas Sarjono,Selasa (17/7).

Dia juga mengatakan sepekan terakhir sebelum ditetapkan siaga sarurat saja tim karhutla semakin sibuk memadamkan api. Oleh sebab itu dia meminta masyarakat bisa bekerjasama dalam hal melalukan pencegahan.

” Kalau untuk wilayah utara kotim masih belum ada titik api, saat ini masih tidak ada lahan kosong yang terbakar, namun demikian tetap saja kita harud siaga terutama bagi  perusahaan perkebunan kelapa sawit,” Timpalnya.

Legislator partai Golkar Kotim ini menuturkan, problema buat masyarakat pedalaman yang ingin berladang dengan cara mebakar lahan saat ini masih belum mendapatkan solusi dari pemerintah.

“Mereka mau tidak mau, suka tidak suka, yang namanya aturan wajib di jalankan, jangan sampai melanggar karena patal akibatnya kalau sudah berurusan dengan aparat,” Tukasnya.

Sarjono mendorong pemerintah daerah melalui kecamatan hingga desa supaya memberikan pembinaan kepada petani yang berladang tersebut, untuk menghindari terjadinya kebakaran.

“Harus ada solusinya, pemkab ssupaya mereka tidak lagi membakar lahannya, dan mereka masih bisa bercocok tanam (berladang)  sebab budaya manugal  padi dengan bergotong royong  saat ini sudah hampir hilang,” Tutupnya.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!