Katingan

Bela Negara Harus Ditanamkan Dengan Cara Kreatif, Inovatif dan Adaftiv

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM- Sekda Katingan Nikodemus, saat membuka kegiatan bela negara yang diadakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Katingan menyebutkan bahwa seluruh lapisan masyarakat dalam berbangsa wajib menjaga keamanan dilingkungan keluarga, lingkungan sekolah, serta lingkungan masyarakat, Senin (13/8/2018) diaula losmen citra katingan.

“Semangat bela negara, akan menjadi kekuatan yang besar apabila diikat dalam persatuan,”Sebutnya.

Kekuatan dalam persatuan lanjutnya, terbukti dengan sejarah yang sudah membuktikan bahwa dalam persatuan Indonesia, semua tantangan dan ancaman yang dihadapi bisa dilalui bersama, seperti yang dilakukan para pejuang ketika menghadapi penjajah.

“Kita menyadari kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya akan tetapi harus ditanamkan sejak dini, melalui pendidikan kewarganegaraan anak-anak kita ajak untuk mencintai bangsa,”Pungkasnya.

Sekda juga menyampaikan, nilai bela negara jug harus ditanamkan dengan cara-cara yang kreatif, inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman.

“Mengapa kita harus tanamkan secara kreatif, inovatid dan adaptif, mengingat saat ini merupakan era kemajuan teknologi informasi sehingga anak-anak muda perlu diberikan ruang untuk mengekspresikan kecintaan terhadap tanah air,”Pintanya.

Di tempat yang sama Plt. Kesbangpol Rentas, mengatakan bahwa kegiatan bela negara ini juga dalam rangka untuk menjaga kesatuan, dan kerukunan nasional, serta keutuhan NKRI.

“Seluruh warga negara, mempunyai hak dan kewajiban melakukan pembelaan terhadap negara, sehingga sangat perlu upaya meningkatkan kesadaran bela negara,”Imbuhnya.

Rentas juga menuturkan, perlunya kesadaran bela negara yang perlu ditumbuhkembangkan ke seluruh masyarakat karna saat ini kondisi masyarakat dalam berkehidupan bangsa dan negara sangat jauh dari nilai-nilai bernegara, sehingga perlu dilaksanakan pembinaan kesadaran bela negara (PKBN) keseluruh masyarakat.
(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!