DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Sebut Potensi Kepelabuhan Sangat Menjanjikan

"Saya sangat mendukung kalau pemerintah daerah melalui BUMD mengelola usaha kepelabuhanan, kalau potensi ini dikelola secara maksimal ini akan mendatangkan pendapatan bagi daerah," ujar Handoyo saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (8/4/2021).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Potensi pengembangan pelabuhan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari banyaknya pelabuhan tikus di Kota Sampit. Kondisi ini memberikan peluang bagi pemerintah daerah untuk mengarahkan kegiatan itu melalui pelabuhan resmi milik pemerintah daerah.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kotim, Handoyo J Wibowo, sangat mendukung langkah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kotim untuk mengelola usaha kepelabuhanan, sehingga ke depannya nanti akan menjadi sumber pendapatan bagi daerah.

“Saya sangat mendukung kalau pemerintah daerah melalui BUMD mengelola usaha kepelabuhanan, kalau potensi ini dikelola secara maksimal ini akan mendatangkan pendapatan bagi daerah,” ujar Handoyo saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, pelabuhan haarus dikelola pemerintah agar mengurangi jalur-jalur tikus untuk bongkar muat. Hal itu juga sangat merugikan daerah karena selama ini banyaknya pelabuhan tetapi tidak ada pendapatan bagi daerah.

“Selain itu juga untuk memudahkan instansi dalam melakukan pengawasan, karena selama ini pelabuhan tikus disinyalir kerap jadi pintu masuk penyelundupan barang-barang ke daerah ini, Termasuk minuman keras hingga narkotika,” sampai Handoyo.

Politikus Partai Demokrat ini juga mengatakan, pemerintah daerah memiliki satu dermaga di Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Dermaga tersebut rencananya akan dijadikan salah satu objek usaha pelabuhan yang akan dikelola pemerintah melalui badan usaha yang sudah dibentuk.

“Saat ini badan usaha itu tengah menemui kendala di sektor permodalan, pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Kotim masih setengah hati memercayakan pengelolaan itu kepada BUMD. Harusnya mereka bisa berusaha terlebih dahulu bagaimana agar badan usaha itu dapat berjalan,” tutupnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!