DPRD Gunung Mas

Dorong Pengembangan Usaha Perkebunan Masyarakat Lokal

FOTO : Anggota DPRD Kabupaten Gumas H Rahmansyah sedang serius mengikuti rapat paripurna di kantor dewan setempat.

KUALA KURUN,GERAKKALTENG.COM – Pemerintah daerah (Pemda) didorong untuk terus memperhatikan bidang usaha masyarakat lokal. Salah satunya dibidang usaha perkebunanan.

“Tidak sedikit bidang usaha yang dijalankan masyarakat lokal, seperti perkebunan memiliki nilai komoditi yang besar dan berpeluang untuk dipasarkan secara luas,” kata anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, H Rahmansyah, Selasa (8/2/2022).

Rahmansyah mencontohkan komuditas yang sejatinya mudah dijalankan dan dirawat setiap warga, yaitu perkebunan sawit.

“Nah, apabila pemda jeli, maka dapat mengarahkan warga yang punya lahan kosong untuk mengembangkan budidaya tanaman kelapa sawit,”cetusnya.

Terlepas dari itu ungkap
Rahmansyah harus diakui, untuk mengembangkan usaha perkebunan itu tidaklah mudah. Selain membutuhkan waktu yang lama, disisi lain memerlukan biaya yang cukup besar. Sebut saja, biaya mulai dari pembelian pokok bibit hingga pemeliharaan.

“Andai saja banyak warga yang mengembangkan usaha kelapa sawit, minimal pada luas lahan sekitar dua hektare, maka saya yakin perekonomian masyarakat akan bertumbuh,”jelasnya.

Pada sisi lain sambung
Rahmansyah, sumber daya alam (SDA) di Kabupaten Gumas, masih sangat melimpah ruah. Terlebih banyak lahan tidur yang kosong serta tidak ditanami tumbuhan.

Disitulah kata dia, menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berkebun menanam karet, rotan atau sawit, yang tujuannya agar lahan non produktif menjadi produktif.

“Iya, setidaknya pemda dapat memberikan dukungan pengembangan usaha perkebunan dengan menyalurkan bibit tabaman kepada kelompok tani yang bergerak dibidang budidaya yang dipilih,”pungkas legislator tiga periode di DPRD Gunung Mas ini.(stp)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *