DPRD Gunung Mas

Jelang Tahun Politik, ASN Gumas Diingatkan Tetap Netral

KUALA KURUN – Mendekati tahun kontestasi politik yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengharapkan agar aparatur sipil negara (ASN) harus menjaga sikap netralitas.

Ketua Komisi I DPRD Gumas, H Gumer meminta para ASN atau PNS yang ada di wilayah setempat, agar selalu menjaga sikap yang netralitas. Apalagi, sudah mendekati tahun politik.

“Kita berharap para ASN atau PNS di Kabupaten Gumas agar selalu menjaga sikap netral mengingat, kita sudah mendekati tahun-tahun politik yang akan dilakukan di tahun 2024. Yaitu untuk pemilihan legislatif, dan presiden,” ucap H Gumer, kamis (29/9/2022).

Lalu, sambung dia, ada aturan yang melarang bagi para pegawai negeri berpolitik secara langsung. Tetapi, dikecualikan karena ada hak memilih sebagai warga negara dan ini hanya bisa dilakukan pada saat pelaksanaan pemungutan suara.

Apabila melanggar, jelasnya, ada sanksi tegas kepada para apartur sipil negara tersebut apabila terbukti melakukan pelanggaran. Misalnya, dia mencontohkan, bagi ASN yang terlibat langsung seperti berorasi di atas panggung, mengajak memilih si calon atau pasangan calon dalam pemilihan.

Tindakan tersebutlah yang menurutnya berpotensi ketidak netralitas dari oknum para aparatur sipil negara. Oleh sebab itu, sambung dia, jangan sampai hal yang dimaksud itu dilakukan oleh para ASN yang ada di Kabupaten Gumas ini.

“Maka kami harapkan jangan sampai hal itu terjadi di daerah kita, khususnya di Gumas ini. Karena memang aturan perundang-undangan sudah jelas ada aturan yang harus ditaati oleh para PNS,” tuturnya.

Sedangkan, tambah Gumer menuturkan, untuk aSN yang tidak bisa menjadi anggota Parpol, itu tertuang dalam UU No 37 Tahun 2004 dan UU No. 5 Tahun 2014, tentang Larangan Pegawai Negeri Sipil menjadi anggota Parpol. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!