Barito Timur

Lomba Olimpiade Guru Nasional (OGN) Jenjang SMP Tahun 2022

Foto : Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur, Messias melakukan foto bersama dengan para guru.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalitas bagi guru-guru kelas SMP sesuai dengan bidang yang diampunya. Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur gelar Olimpiade Guru Nasional (PGN) tingkat Kabupaten Barito Timur yang bertempat langsung di Aula Dinas Pendidikan setempat.

Dari amatan langsung di lokasi, kegiatan PGN dibuka oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten (Sekdisdik) Barito Timur, Messias, turut mendampingi Kepala Bidang, Kasubbag, Koordinator Pengawas SMP Pengawas SMP, Juru, dan peserta OGN.

Dalam sambutannya, Sekdisdik Messias mengatakan, peningkatan kompetensi dan kemampuan profesional guru menjadi salah satu ranah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

“Kebijakan ini dibuat sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu sumberdaya manusia pendidikan Indonesia agar mampu bersaing dalam era Revolusi Industri,” kata Messias, Kamis (3/11/2022).

Berbagai kegiatan yang bertujuan mendorong tumbuhnya motivasi guru penting untuk terus diselenggarakan. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan Olimpiade Guru Nasional (OGN) jenjang SMP.

“Pelaksanaan OGN ini merupakan bukti kepedulian Kementerian Pendidikan kepada mereka yang menunjukkan kinerja lebih dalam bidangnya masing-masing,” katanya.

Penyelenggaraan OGN ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota, peserta yang berhasil lolos pada tingkat provinsi akan menjadi finalis tingkat nasional.

Kemudian 2022 ini, kegiatan OGN hanya dilaksanakan pada tingkat kabupaten. Pada tingkat Provinsi dan nasional sepertinya tidak dilaksanakan mengingat tidak ada pemberitahuan dan juknis seperti pada tahun 2019 kemarin.

Kegiatan OGN merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan khususnya kompetensi profesional dan pedagogik guru SMP melalui ajang lomba yang kompetitif.

“Kegiatan OGN ini diharapkan dapat memotivasi guru untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme, dan kinerja guru di Kabupaten Barito Timur,” pintanya.

Guru memegang peranan penting dalam menuju percepatan pembangunan pendidikan, karena guru yang berkualitas maka sudah dipastikan akan menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, bermartabat, dan berkualitas dalam menghadapi tantangan persaingan global. Tentu juga nantinya diharapkan akan berdampak positif terhadap karier guru sendiri.

Selanjutnya, kalau sekarang kita mengenal pengembangan keprofesian berkelanjutan, dimana hal ini dimaksudkan bahwa pemerintah mencoba berbagai cara untuk membuat pendidikan kita dinamis, karena pendidikan itu mengikuti alur kehidupan.

Sebab faktanya, perubahan di dalam kelas, perkembangan kurikulum, perbaikan strategis pembelajaran kalah cepat dibandingkan dengan perubahan kehidupan.

“Oleh karena itu kita harus merubah strategi, baik dari pihak guru sebagai pembelajaran harus berperan aktif dalam perubahan tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap, ke depan kegiatan ini mampu memotivasi guru dalam mengasah kemampuan demi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Barito Timur.

“Bila guru profesional maka cara berpikirnya tingkat tinggi, kreatif, dan inovatif dan hal itu akan ditularkan pada siswa-siswinya. Teruslah berprestasi guru-guru di Kabupaten Barito Timur agar tercapai tujuan pendidikan nasional yang berkualitas,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!