HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Perpusnas RI Selenggarakan Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan – Teknologi Informasi dan Komunikasi di Palangka Raya

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK) secara tatap muka, yang berlangsung mulai tanggal 8-12 Mei 2023, di Hotel Swissbell Danum, Palangka Raya.

Kepala Dispursip Prov. Kalteng Nunu Andriani dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyampaikan kegiatan Bimtek SPP-TIK ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang strategi-strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi, yaitu strategi pelibatan masyarakat, strategi peningkatan layanan informasi dan strategi advokasi.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek SPP-TIK sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang ditindaklanjuti oleh Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah dimana Perpustakaan ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat.

Kegiatan yang menghadirkan fasilitator daerah (Fasda) perpustakaan dari kabupaten dan kota serta beberapa pengelola perpustakaan desa ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam penguatan budaya literasi dan merupakan bagian dari program prioritas nasional yaitu kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Adapun secara empiris kegiatan TPBIS telah memberikan dampak dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upaya mendukung implementasi program, Perpusnas RI telah menyiapkan sudah Sumber Daya Manusia (SDM) yang disebut Master Trainer yaitu Cicih Sri Wahyuni yang merupakan Pustakawan Mahir Dispursip Kabupaten Kotawaringin Barat dan Rusma Hadi selaku Pustakawan Terampil Dispursip Kabupaten Pulang Pisau yang dalam Bimtek ini didaulat untuk mendampingi para fasilitator dan peserta.

Hadir juga Konsultan Program TPBIS dan Koordinator Program Prov. Kalteng Zahid dan Konsultan sekaligus Koordinator Regional Program TPBIS Setyo Untoro.

“Dalam kesempatan ini juga saya mengapresiasi Perpusnas RI yang sudah memfasilitasi kegiatan ini secara tatap muka di Kalteng, semoga apa yang nantinya di dapat dalam Bimtek ini dapat diterapkan dengan baik di perpustakaan masing-masing, sehingga benar-benar literasi untuk kesejahteraan itu dapat terwujud,” ungkap Nunu menutup sambutannya.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!