DPRD Kota Palangka RayaPalangka RayaUncategorized

Perlu Ambil Langkah Waspada Potensi Banjir

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Ted Apry Mahendra meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui perangkat daerah (PD) terkaitnya, untuk mengambil langkah dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak cuaca ekstrem. Khususnya curah hujan tinggi.

GERAKKALTENG.com Palangka Raya – Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Ted Apry Mahendra meminta Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui perangkat daerah (PD) terkaitnya, untuk mengambil langkah dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak cuaca ekstrem. Khususnya curah hujan tinggi.

Hal ini dilakukan sebagai respon atas tingginya curah hujan yang terjadi dan informasi bencana banjir beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah.

“Langkah antisipasi perlu dilakukan dalam menanggulangi bencana banjir, sehingga bila andai saja terjadi.maka tidak berdampak besar bagi masyarakat,” ungkapnya, Rabu (24/1/2024).

Lebih lanjut Ted Apry menyoroti pentingnya kesiapan dan koordinasi antara perangkat daerah. Terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta Dinas Lingkungan Hidup, untuk memantau kondisi di lapangan.

“PD terkait harus aktif kelapangan untuk melihat kondisi lapangan. Seperti memantau curah hujan yang tinggi di beberapa kabupaten Kalimantan Tengah. Sudah ada kasus banjir sehingga kita harus antisipasi,” ujarnya.

Baiknya lanjut Ted Apry, warga sejauh ini banyak yang turut mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi. Seperti memberikan informasi terkait dampak yang mereka alami akibat curah hujan yang cukup tinggi.

Dengan adanya partisipasi masyarakat dalam memberikan laporan apabila terjadi dampak dari cuaca ekstrem, akan memudahkan pemerintah kota untuk segera merespon dengan cepat terhadap setiap informasi.

“Melalui langkah-langkah antisipatif tersebut, kita berharap dapat meminimalkan risiko dan dampak buruk dari cuaca ekstrem, serta menjaga keamanan dan kenyamanan warga Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (Red/Sg/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!