DPRD KatinganHEADLINE

Damang Adat Harus Tingkatkan Pengetahuan Tufoksi

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Sugianto meminta kepada damang adat di wilayah Kabupaten Katingan untuk bisa terus meningkatkan pengetahuan tugas dan fungsi selaku damang adat.

Hal ini menurut Sugianto perlu dilakukan mengingat dinamika permasalan ditengah masyarakat kian berkembang.

“Saat ini permasalahan pelanggaran ditengah masyarakat kian berkembang untuk itu para damang adat sangat perlu untuk meningkatkan pengetahuannya, mengingat permasalahan di tengah masyarakat kita tentu akan ada yang mengarah ke adat,”Ujar Sugianto, Rabu (28/2/2024) dikantor DPRD Katingan.

Selain itu juga legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Katingan ini berpesan kepada para damang adat agar bisa membangun sinergitas dengan pemerintah serta masyarakat dalam menghadapi untuk menertibkan penyakit masyarakat yang terus berkembang.

Menurut Sugianto, bagi suku dayak damang bisa disebutkan sebagai pemangku adat sehingga juga harus mampu melestarikan adat istiadat, budaya dan kearifan lokal.

“Damang juga harus memahami setiap kegiatan adat, tradisi dan budaya masyarakat lokal,”Imbuhnya.

Kemudian dirinya juga mengharapkan kepada damang adat di wilayah Kabupaten Katingan dalam menyelesaikan perselisihan atau sengketa sesuai hukum adat harus mengedepankan keadil dan kejujuran.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!