Gunung Mas

Nasionalisme Kebangsaan dan Bhinneka Tunggal Ika Perlu Terus Dibangun

Kuala Kurun, GerakKalteng.Com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Provinsi Kalimantan Tengah gelar Sosialisai Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Pasca Pilkada yang kondusif yang difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) di GPU Tampung Penyang Kuala, Rabu (25/7/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri Forkominda Kabupaten Gunung Mas, Kepala OPD, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs. Tasa Torang, MM,Peserta sosialisasi terdiri dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat sebanyak 100 orang dan undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong yang dibacakan Asisten II Setda Gunung Mas Ir. Yohanes Tuah, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang telah berkenan melaksanakan kegiatan ini.

Ia mengatakan Kabupaten Gunung Mas dengan penduduk dari berbagai macam suku, etnis, bahasa dan budaya yang beraneka ragam yang ada di Kabupaten Gunung Mas. Usai Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018 yang lalu dimana masyarakat Gunung Mas telah menyalurkan partisipasi politiknya untuk memilih pemimpin, yang berlansung dengan tertib, aman dan kondusif tercipta berkat dukungan seluruh masyarakat.

Dia pun sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini yang membawa rasa Nasionalisme pembauran rasa kebangsaan, rasa Bhinneka Tunggal Ika ini yang perlu kita bangun pada saat ini, pasca Pilkada Gunung Mas yang damai dan kita berharap kedepan pemimpin yang terpilih atas pilihan masyarakat bisa membawa Gunung Mas lebih maju sejahtera, mandiri dan bermartabat.

“Mari kita semua bersatu untuk mendukung pemimpin yang terpilih, untuk membangun Kabupaten Gunung Mas dengan semangat Isen Mulang, Habangkalan Penyang Karuhei Tatau demi kejayaan NKRI berdasarkan Pancasila,” katanya.

Disamping itu, ketua panitia sosialisai Forum Pembauran Kebangsaan Drs. Rody, M.Si mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta untuk dapat memahami dengan baik, apa yang dimaksud dengan pembauran kebangsaan serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antara ras, suku dan etnis di kalangan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk memasyarakatkan program pembaruan kebangsaan agar dapat dipahami dan dihayati oleh masyarakat secara luas. Semangat persatuan serta nasionalisme terus kita jaga dan kita tingkatkan, dengan keragaman bukan menjadi perpecahan, tetapi dengan keragaman itu jadi kekuatan untuk memajukan Gunung Mas,” ucap Drs. Rody, M.Si. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!