DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pemerintah Mesti Perhatikan Petani dan Nelayan

"Mereka harus terus diperhatikan, baik dari fasilitas, akses hingga permodalan," terang Rudini, kemarin (23/10/2019).

gerakkalteng.com – SAMPIT – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Muhammad Rudini meminta agar pemerintah bisa maksimal memperhatikan petani dan nelayan di daerah ini.

“Mereka harus terus diperhatikan, baik dari fasilitas, akses hingga permodalan,” terang Rudini, kemarin (23/10/2019).

Menurutnya, nelayan dan petani harus dibantu terus dan mereka perlu diberdayakan hingga disokong setiap tahun anggaran agar terus bertahan di tengah kondisi ekonomi seperti ini.

Menurutnya, pemerintah harus  berjuang meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani, melalui kebijakan yang tepat sasaran. Penghasilan mereka harus terus naik, tidak boleh turun, pasalnya biaya hidup makin naik.

“Biaya hidupkan terus naik, harus dimbangi dengan penghasilan mereka supaya mereka bisa sejahtera, itu yang kami inginkan. Jangan seolah-olah pemerintah lepas tangan terhadap nelayan kita ini, mereka perlu penyuluhan dan sosialisasi selain permodalan atau alat tangkap ikan,” ungkap Rudini.

Menurutnya, dibutuhkan kebijakan dengan perlakuan khusus, sehingga mereka punya kesempatan untuk maju, antara lain kemudahan akses dana murah dan pelatihan.

Khusus untuk petani, kata Rudini pembangunan lain yang sangat perlu seperti embung dan jaringan irigasi agar para petani mudah menghasilkan panen yang baik.

“Pertani ini juga tidak kalah penting. Sekarang ini mereka sangat memerlukan pupuk dan bibit pertanian, karena untuk mendapatkan bibit sedikit susah dan harga pupuk setiap waktu cenderung naik. Inilah yang harus diperhatikan pemerintah,” ungkapnya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *