Kotawaringin Timur

Bupati Kotim Minta Disdagprin Turun Cek Harga Kebutuhan Pangan

“Saya meminta para pedagang tidak menaikan harga terlalu tinggi. Kami akan terus memantau harga kebutuhan pokok ini sampai hari raya Lebaran nanti,” ujar bupati, Rabu (31/3/2021).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT Naiknya harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok saat bulan Ramadan rutin terjadi. Hal itu tentu menjadi perhatian Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), H Halikinnor.

“Saya meminta para pedagang tidak menaikan harga terlalu tinggi. Kami akan terus memantau harga kebutuhan pokok ini sampai hari raya Lebaran nanti,” ujar bupati, Rabu (31/3/2021).

Halikinnor memerintahkan, Disdagprin) untuk turun mengecek harga kebutuhan pokok, jangan sampai terjadi permaian harga yang dinaikan semau pedagang.  Bila terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok, akan secepatnya dilakukan operasi pasar, untuk menekan harga, sehingga jangan sampai harga itu melambung.

“Saya akan selalu berkordinasi dengan seluruh dinas terkait untuk memantau kondisi kelayakan bahan kebutuhan pokok yang beredar di pasaran,” tegasnya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam waktu dekat akan segera melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar di daerah ini.

“Kami akan segera melakukan sidak ke pasar. Hal tersebut kami lakukan untuk memantau harga kebutuhan pokok di bulan Ramadan pada tahun ini, dan itu semua sesuai perintah pak bupati,” kata  Kepala Disdagprin Zulhaidir.

Sidak itu dilakukan oleh pihaknya untuk melihat ketersediaan bahan pokok di pasaran, dan pengecekan harga. Pihaknya juga akan melakukan pengecekan kepada sejumlah distributor barang atau pemasok. Sehingga, dapat mengantisipasi kenaikan harga yang cukup tinggi yang memberatkan masyarakat.

“Karena pada Ramadan atau jelang hari raya Idulfitri, ada lonjakan harga. Dan hal itulah yang kami upayakan agar tidak terjadi nantinya,” kata Zulhaidir.  (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!