EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Anggota Pramuka Diberi Wawasan Pilah Sampah Medis

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Usai pelaksanaan sunatan massal di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu, 2 November 2022, sejumlah anggota pramuka Saka Bakti Husada Cabang Kotim diajarkan memilah sampah medis.
“Ada 11 anggota yang membantu tim bertugas dalam acara sunatan massal. Anggota pramuka kami ajarkan memilah sampah atau limbah medis dengan sampah rumah tangga,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan juga Ketua Umum Pimpinan Saka Bakti Husada Cabang Kotim, dr Noorliyana.
Menurutnya, pemilahan sampah penting dilakukan karena nantinya dapat meningkatkan jumlah sampah yang akan didaur ulang, agar mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA dan lingkungan.
“Sebagian besar dari kita mungkin beranggapan bahwa pemilahan sampah telah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola sampah. Padahal kontribusi kita dalam memilah sampah dari rumah atau kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan,” jelasnya.
Tambahnya, sampah yang tercampur dapat menimbulkan ancaman bagi lingkungan. Ada zat berbahaya yang dapat meresap ke dalam tanah, gas berbahaya yang terlepas ke udara dan dapat mempercepat penipisan lapisan ozon, dan banyak dampak negatifnya.
“Untuk mencegah penyebaran penyakit yang tidak diinginkan, kita dapat membuat tempat sampah khusus untuk jenis sampah medis dan infeksius. Masker medis sekali pakai, jarum suntik bekas, dan obat-obatan yang tidak digunakan dihitung sebagai limbah medis dan infeksius,” pungkasnya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *