DPRD Kota Palangka Raya

Legislator : Jaga Lingkungan dengan Mandiri

FOTO : Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG.COM – Hujan dengan intensitas tinggi dalam beberapa hari terakhir yang melanda Kota Palangka Raya, dikhawatirkan dapat menyebabkan genangan air pada kawasan pemukiman masyarakat.

Melihat akan hal ini, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengajak masyarakat di kota setemat, untuk proaktif secara mandiri guna mencegah terjadinya genangan air hingga bencana banjir.

Cara mencegahnya menurut dia, bisa dilakukan dilingkungan sekitar terlebih dahulu. Terutama melakukan beberapa kegiatan yang dapat mencegah genangan air. Seperti menjaga kebersihan selokan maupun drainase dilingkungan tempat tinggal.

Harus disadari, tingginya curah hujan yang terjadi bisa berdampak pada meningkatnya volume air di daratan. Jika air tidak bisa terserap dengan sempurna oleh tanah atau dialirkan ke sungai, maka bisa menjadi penyebab genangan air.

“Bagusnya lagi jika setiap warga bisa mulai menanam pohon tanaman hijau di sekitar rumah. Pohon berperan penting untuk mencegah genangan air. Pepohonan akan mempermudah tanah menyerap air,”jelas Sigit, Senin (6/9/2021).

Selanjutnya politikus PDI Perjuangan ini mengajak masyarakat untuk membudayakan membuang sampah pada tempatnya. Termasuk jangan membuang sampah ke drainase atau saluran yang bisa menghambat aliran air hingga akhirnya memicu terjadinya genangan air.

Berikutnya selain membuang sampah pada tempatnya, maka membuat sumur serapan juga dinilai efektif mencegah genangan air hingga banjir. Sumur serapan dianggap mampu mengurangi potensi banjir karena air akan terserap ke tanah.

“Tidak kalah pentingnya, adakah masyarakat dapat secara rutin bergotong royong membersihkan selokan. Ingat, warga juga harus menghindari membangun pada kawasan resapan air,”tandas Sigit.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *