Kalimantan Tengah

Pertanian Kalteng Perlu Dibenahi Dari Hulu ke Hili

Ketua Rumah Tani Indonesia,Kalimantan Tengah, Petrus : Sektor Pertanian Kalimantan Tengah, Butuh polesan dan campur tangan dari pemerintah dan sektor swasta.

Gerakkalteng.com – Palangka Raya –  Menggenjot sektor pertanian perlu dilakukan dari sektor hulu hingga ke hilir. Pertanian Kalimantan Tengah disebut butuh polesan dan juga campur tangan pemerintah dan sektor swasta agar maju dan berkembang.

Hal ini disampaikan Ketua Rumah Tani Indonesia, Kalteng, Petrus kepada Gerakkalteng,com, Jumat (07/01/2021) . Disebutkan Petrus, pertanian telah memasuki era modernisasi dimana perlu sentuhan teknologi, Ilmu pengetahuan hingga mesin dan digitalisasi.

Pertanian juga membutuhkan agen pemasaran , distribusi dan rumah produksi yang tepat. Dengan demikian sektor pertanian Kalteng perlu ditangani tidak hanya di bagian hilir namun juga bagian hulu.

Ini tak lepas dari campur tangan para ilmuwan, akademisi, pemerintah hingga sektor swasta. Selain di sektor para petani harus terus meningkatkansumber daya manusia untuk bisa mencetak sawah dengan hasil terbaiknya. Sementara akademisi bertugas mencari terobosan dan penemuan baru .

“Dibantu pemerintah dengan mendorong iklim pertanian yang kompetetif melalui kebijakan dan regulasinya”, jelasnya.

Membangun sektor pertanian di Kalteng memang membutuhkan dukungan dan sinergitas semua pihak. Namun demikian pembenahan dari hulu ke hilir sangat dibutuhkan agar pertanian menjadi lebih berkembang. (AW/ST)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *