DPRD Kota Palangka Raya

Waspada Varian Covid-19 XBB, Maksimalkan Layanan Kesehatan

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengingatkan pemerintah kota setempat, untuk menyiagakan sarana dan prasarana (sarpras) layanan kesehatan, untuk mewaspadai varian Covid-19 XBB.

Kewaspadaan terhadap varian Covid-19 XBB ini kata dia, sejak dini harus diwaspadai Pemerintah Kota Palangka Raya. Terutama menyiapkan kesiagaan sarana prasarana kesehatan. Terlebih Kota Palangka Raya juga mempunya pengalaman dalam hal penanganan penanggulangan pandemi selama ini.

“Tetapi tak kalah pentingnya adalah masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan pada situasi tertentu,”ungkap, Sigit, Rabu (2/11/2022).

Lebih lanjut pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris PDI- Perjuangan di Kalteng ini mengingatkan, agar masyarakat tetap membiasakan diri memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mandi yang bersih, serta tetap menerapkan pola hidup sehat.

“Lakukan vaksinasi Covid-19 bagi yang belum, serta jalani protokol kesehatan. Kedua hal ini menjadi solusi mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk mencegah varian baru,”tukasnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo mengatakan, sejauh ini belum ada pasien Covid-19 yang terkonfirmasi varian baru Covid-19 XBB di Palangka Raya.

Diungkapkan, ciri-ciri virus Covid-19 varian XBB tersebut cenderung ringan. Diantaranya batuk, pilek, dan demam.Selain itu ditandai dengan keluhan mudah lelah, sakit kepala, sakit tenggorokan, mual, muntah, dan diare.

“Guna mencegah terinfeksi virus itu yakni lakukanlah vaksinasi, serta tetap menjalankan protokol kesehatan,”pungkasnya.(VD/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *