Barito Timur

Pj Bupati Hadiri Musrenbang RKPD di Kecamatan Benua Lima

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan beserta rombongan menghadiri musrenbang Kecamatan Benua Lima.

Dalam arahan dan sambutannya Bapak Pj Bupati menegaskan agar kegiatan musrenbang ini bukan merupakan seremonial belaka tapi merupakan tempat menyambung silaturahmi.

Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, karena menjadi tempat bersama-sama memberikan pemikiran usulan program atau kegiatan prioritas sebagai bahan penyusunan RKPD Tahun 2025.

“Ya disini kan kita musyawarah bantar lintas sektor dari pemerintah Desa, kecamatan, tokoh agama, masyarakat dan disini seluruh OPD dalam rangka musyawarah pembangunan ini kita merencanakan untuk 1 tahun ke depan. Dalam perencanaan ini semua harus terbuka apa yang menjadi permasalahan itu yang diusulkan,” kata Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, Selasa (20/2/2024).

Pj Bupati berharap melalui musrenbang ini rencana program atau prioritas desa yang telah diusulkan agar dapat dibahas untuk memperoleh kesepakatan dalam menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Barito Timur pada tahun 2025.

“Karna apa yang kita lakukan itu untuk menyelesaikan masalah, misalnya tadi saya sampaikan bahwasanya ada pembangunan siring atau got drainase,” ujarnya.

Kendati demikian, Indra Gunawan mengingatkan bahwa usulan pembangunan tidak hanya infrastruktur saja. Namun menurutnya, usulan yang diprioritaskan harus mengutamakan asas manfaat.

“Untuk menyelesaikan permasalahan itu, maka jangan dilihat pembangunan fisiknya saja tetapi menyelesaikan dampak dari pada sektor semua sektor. Oleh sebab itu, yang tadi saya sampaikan jangan ego sektoral pembangunan irigasi bukan hanya menyelesaikan sektor PU tetapi juga menyelesaikan sektor kesehatan jadi saling mengisi,” jelasnya.

Indra Gunawan menekankan agar usulan prioritas yang telah diputuskan sesuai hasil musrenbang kecamatan dapat ditindaklanjuti hingga ke tingkat kabupaten.

“Terkait dengan pendanaan kalau tidak dianggarkan kabupaten tidak mencukupi maka akan dorong ke APBD I Provinsi. Oleh sebab itu, nanti seluruh usulan dari kecamatan dan desa ini jangan patah arang tidak aa anggaran dan sebagainya,” ujarnya.

Maka dari itu, pj bupati meminta seluruh kepala OPD di Kabupaten Barito Timur agar mulai sekarang menyiapkan usulan demi usulan yang nantinya akan di musrenbang ke tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sebentar lagi musrenbang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Usulan-usulan Barito Timur kita harus masuk untuk tahun 2025 ke depan,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!