DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

DPRD Palangka Raya Bentuk Tujuh Fraksi

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – DPRD Palangka Raya menggelar paripurna dengan agenda penyampaian pembentukan fraksi-fraksi DPRD Palangka Raya masa jabatan 2019-2024.

Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua sementara DPRD Palangka Raya Subandi, turut dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, jajaran OPD dan Forkopimda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya serta para anggota DPRD kota setempat.

Dalam paripurna itu Subandi mengatakan, dasar acuan pihaknya dalam pembentukan fraksi DPRD adalah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.
Ia menjelaskan, mengacu pada pasal 162 ayat 1 sampai 10. dimana secara yuridis, pada ayat 3 tertulis jika setiap fraksi DPRD beranggotakan minimal sama dengan jumlah komisi.Kemudian pada ayat 4 yaitu partai politik (Parpol) yang jumlah anggotanya mencapai ketentuan pada ayat 3 atau lebih, bisa membentuk fraksi sendiri.

“Sedangkan pada ayat 6, bila ada parpol yang jumlah anggotanya dalam DPRD tak mencukupi aturan tersebut, dapat membentuk fraksi gabungan. Fraksi ini merupakan wadah berhimpunnya anggota DPRD masa jabatan 2019-2024,” papar Subandi.

Adapun Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Palangka Raya, Siti Masmah menyebutkan, ada tujuh fraksi yang terbentuk dalam susunan anggota DPRD pada masa jabatan 2019-2024.

Ketujuh fraksi tersebut adalah Fraksi PDI Perjuangan (6 kursi) yang diketuai oleh Vina Panduwinata, sekretaris Riduanto, bendahara Ted Apri Mahendra dan beranggotakan Nenie A Lambung, Sigit K Yunianto dan Sigit Widodo.

Kemudian Fraksi Golkar (6 kursi) yang diketuai oleh Subandi, sekretaris M Hassan Busyairi, bendahara Norhaini, dan beranggotakan Wahid Yusuf, Sudarto, dan H M Khemal Nasery.

Selanjutnya Fraksi Demokrat (3 kursi) yang diketuai oleh Junita Br Ginting, sekretaris Arthur Apriyosi Tuwan dan anggotanya Basirun B Sahepar.

Fraksi Nasdem sendiri (3 kursi) diketuai oleh Hj Mukarramah, wakil ketua Susi Idawati dan sekretaris Jhony A S Putra. Kemudian Fraksi PAN (3 kursi) dipimpin oleh Beta Syailendra, sekretaris Jumatni dan Noorkhalis Ridha sebagai anggota.

Lalu Fraksi Gabungan, yakni Fraksi Gerindra-Hanura-PKB (Gerakan Nurani Bangsa) yang bergabung menjadi enam kursi, diketuai oleh Anna Agustina Elsye, sekretaris Heri Purwanto, dan beranggotakan Rusdiansyah, Yudi K Manan, Dudie B Sidau, dan Tantawi Jauhari.

“Sedangkan Fraksi Perindo-PSI yang memiliki 3 kursi diketuai oleh Shopie A Sitorus, sekretaris Reja Framika dan anggotanya Ruselita,”papar Masmah.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!