HEADLINEPalangka Raya

Restocking untuk Tambah Populasi Ikan Tangkapan

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Kegiatan penebaran ikan (restocking) di perairan umum, tidak lain tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan stok populasi ikan.

Begitu disampaikan Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat bersama jajaran Dinas Perikanan setempat, melakukan restocking atau pelepasliaran ikan, di Danau Hanjalutung, Kelurahan Petuk Katimpun Kota Palangka Raya, Rabu (22/11/2023).

Dikatakan Hera, selain untuk meningkatkan stok populasi ikan tangkapan, maka restocking juga bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan di perairan umum, sekaligus meningkatkan produksi ikan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.

Restocking ikan itu sendiri dilakukan pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stok ikan, sehingga melalui restocking hasilnya dapat dipanen untuk di konsumsi masyarakat sekitar.

“Dilakukannya restocking ikan ini adalah wujud dari kepedulian pemerintah dalam membantu meningkatkan taraf hidup nelayan kecil, dan dalam rangka menjaga kelestarian keberadaan ikan lokal di perairan umum tetap lestari serta berkelanjutan,”tutur Hera.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriati Ritadewi menyampaikan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat langsung. Terutama mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat nelayan kecil sebagai penopang ekonomi masyarakat atau UMKM.

“Sebanyak 70 ribu ekor benih ikan telah dilepasliarkan. Diantaranya 50 ribu ekor benih ikan bapuyu dan 20 ribu ekor benih ikan jelawat yang merupakan hasil kerjasama dari BPBAT (Balai Perikanan Budidaya Air Tawar) Mandiangin.

Turut hadir pada kegiatan restocking ikan tersebut, antara lain perwakilan BPBAT Mandiangin Kalsel, Camat, Lurah, serta tamu undangan lainnya.(Red/Dn/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!