Kalimantan TengahKalteng Berkah

Sri Widanarni Buka Bimtek Penyusunan dan Pelaporan Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni wakili Sekretaris Daerah (Sekda) buka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Pelaporan Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD PKSB), yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Selasa (28/11/2023).

Saat membacakan sambutan Sekda, Sri Widanarni mengatakan Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng telah menyusun dan melaksanakan RAD PKSB sesuai Peraturan Gubernur Kalteng Nomor 53 tahun 2022 sebagai amanat Inpres 6 tahun 2019.

“Pada bimbingan teknis pelaporan RAD PKSB diharapkan partisipasi aktif Provinsi dan Kabupaten/Kota yang sudah memiliki dokumen RAD PKSB agar dapat menyampaikan laporannya sesuai dengan mekanisme dan tata cara yang berlaku,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan bimtek ini dapat membantu Kabupaten/Kota dalam menyusun dan melaporkan program serta kegiatannya masing-masing.

“Mengingat pada tahun 2024 telah tersedia Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dan semoga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mewujudkan KALTENG MAKIN BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis),” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Usaha, Pemberdayaan, Kelembagaan, Pengembangan Potensi Perkebunan (PUPKP3) Dinas Perkebunan Prov. Kalteng Muhammad Rusan menyampaikan dalam laporannya, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk memberikan bimbingan mengenai proses penyusunan dokumen RAD PKSB dan tata cara pembuatan pelaporan capaian pelaksanaan RAD PKSB.

Nampak hadir, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah (SUPD) I Ditjen Bina pembangunan Daerah Kemendagri Gunawan Eko Novianto, Sekretariat Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Perkebunan Ade Imansyah, WWF Indonesia, serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait.

(Don/mmc/**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!