Barito TimurDPRD Barito Timur

Dewan Minta Teknis Tindak PBS Perusak Lingkungan

Anggota DPRD Bartim saat mengikuti rapat paripurna digedung DPRD Bartim

Tamiang Layang,Gerakkalteng.com- Kalangan legislator DPRD Bartim meminta kepada teknis Dinas Lingkungan Hidup menundak tegas bagi perusahaan besar swasta perusal lingkungan. Pasalnya Hal itu berdampak buruk bagi kepentingan lingkungan dan masyarakat disekitarnya.

Anggota DPRD Bartim Depe, SE mengatakan akan menelusuri adanya laporan warga masyarakat atas aktvitas land clearing perkebunan besar swasta (PBS) Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawit Graha Manunggal (SGM) yang menutupi sungai Bumut diwilayah desa Saing dan Rodok, kecamatan Dusun Tengah.
DPRD Bartim sebutnya akan memanggil pihak manajemen perusahaan dan juga pihak masyarakat selaku pihak pelapor.
“Kita akan menelusuri perusahaan dimaksud, apakah benar telah melakukan kegiatan land clearing dengan merusak lingkungan, dengan menutup badan sungai ? katanya kepada awak media, selasa (25/6).

Dijelaskannya DPRD sudah menerima pengaduan dari masyarakat dan masalah ini akan kami bahas diinternal ,baru setelah itu kami akan turun lapangan. Pengaduan masyarakat tersebut ungkapnya dari orang yang terjun langsung ke lokasi dimana perusahaan itu melakukan aktivitasnya.

“Kalau itu terjadi, berarti pihak manajemen PT SGM melanggar aturan sehingga menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan,”timpalnya.

Politikus partai Demokrat itu menegaskan, bila faktanya dilapangan terbukti aktifitas perusahaan merusak lingkungan, maka akan konsekuensi hukumnya yang harus diterima sesuai peraturan yang berlaku.
”Bila terbukti ada aktifitas perusahaan melanggar hukum,, DPRD secara kelembagaan bisa saja mendorong aparat hukum untuk bertindak,” tegasnya.
Sementara itu Plt kepala dinas lingkungan hidup Bartim Lurikto menanggapi Persoalan tersebut mengatakan pihaknya akan segera turun kelokasi dalam waktu dekat.
“Apapun hasilnya nanti kami akan sampaikan kepimpinan yakni Bupati Bartim,”tukasnya.(vri).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!