DPRD Kota Palangka Raya

Pancasila Sebagai Dasar Bernegara

Foto : Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Tema tersebut tersirat harapan Hari Lahir Pancasila mampu membangkitkan semangat kebangsaan untuk bergotong-royong dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global demi kejayaan bangsa.

“Hari Lahir Pancasila merupakan hari lahirnya sebuah dasar ideologi dan konstitusi bangsa yang wajib direfleksikan sebagai penanda jiwa kebangsaan,”kata Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto, Kamis (1/6/2023).

Maka dari itu lanjut dia, peranan sebagai anak bangsa, seperti pejabat dan penyelenggara pemerintahan, harus bisa menumbuhkan rasa patriotisme kebangsaan kepada para penerusnya.

Menurutnya, para generasi penerus perlu ditanamkan pemahaman akan berartinya jiwa patriotisme. Hal tersebut merupakan amanat dari para pendiri bangsa, dimana kebangsaan dan jiwa kenegarawan serta cinta tanah air melalui Pancasila harus terus di jaga, karena, Pancasila merupakan dasar kehidupan bangsa Indonesia.

“Pancasila tidak datang dengan ide dan gagasan secara tiba-tiba, melainkan dengan proses dan perjuangan yang begitu panjang. Tentunya, ini menjadi sebuah tantangan bagi kita, bagaimana meneruskan kepada para generasi selanjutnya. Karena sikap kita saat ini merupakan cerminan yang akan menjadi pembakar semangat anak-anak di masa yang akan datang,”tambahnya.

Tak bisa dipungkiri sambung Sigit, semakin kedepan semakin kuat dan banyak desakan-desakan budaya asing yang dikemas melalui sebuah kepercayaan mencoba masuk ke Indonesia. Karenanya, sebagai generasi penerus sudah sepatutnya menjaga dan melindungi apa yang dimiliki Indonesia.

“Jadi, Indonesia memiliki Ideologi Pancasila yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Meski beragam suku, namun adanya ideologi Pancasila, Indonesia tetap bersatu. Tetap semangat dan jaya terus bangsaku,”tutupnya.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!