Barito Timur

3 OPD Terbaik Terima Penghargaan Inovasi Perangkat Daerah

Foto : Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, menyerahkan penghargaan inovasi perangkat daerah kepada salah satu instansi.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Timur memberikan apresiasi sekaligus penghargaan kepada 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berprestasi dalam Piagam Penghargaan Inovasi Perangkat Daerah.

Penghargaan dari Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh itu diberikan guna memotivasi dan memacu kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dijelaskan wabup, sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 338 Ayat (7) tentang Pemerintah Daerah dan Pasal 22 Ayat (1) dan (2), kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah ditegaskan bahwa kepala daerah melaporkan inovasi daerah kepada Menteri Dalam Negeri atau Mendagri.

“Selanjutnya Mendagri melakukan penilaian inovasi berdasarkan laporan dari kepala daerah terhadap hasil penilaian inovasi daerah tersebut serta diberikan penghargaan dan insentif kepada pemerintah daerah berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 002.6.588 tahun 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2021,” kata Habib Said Abdul Saleh, Rabu (28/9/2022).

Dalam keterangannya, kata Habib Said Abdul Saleh, untuk kategori kabupaten, Barito Timur mendapat nomor urut 307 dari 415 kabupaten Se- Indonesia di atas Kabupaten Lombok Barat dengan skor 16,17 yang masuk kategori kurang inovatif.

“Dalam penginputan yang kita lakukan di tahun 2022 untuk tingkat nasional, Kabupaten Barito Timur dengan skor 35,70 masuk kategori inovatif,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut wabup, pemerintah daerah perlu meningkatkan kinerja dengan melaksanakan inovasi daerah sehingga visi pembangunan Jangka Menengah Daerah Barito Timur 2018-2023 yaitu “Terwujudnya Barito Timur Sehat, Cerdas dan Sejahtera Melalui Pemerintah yang Amanah” kata orang nomor dua di Barito Timur ini.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, diharapkan kepala perangkat daerah dan seluruh stakeholder pembangunan berupaya membantu kepala daerah dalam pencapaian visi dan misi pembangunan daerah dengan melaksanakan inovasi daerah,” pinta wabup.

Inovasi daerah pada Pemkab Barito Timur diarahkan untuk mendapatkan pemahaman tentang ruang lingkup inovasi dalam bentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

“Melalui acara Penyerahan Piagam Penghargaan Lomba Inovasi Perangkat Daerah Kabupaten Barito Timur Tahun 2022 ini, saya harapkan lebih banyak lagi Inovasi-inovasi yang berbasis IT (Informasi and Technology) dari SKPD lainnya, hal ini guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik yang berbasis teknologi,” ujarnya.

Habib Said Abdul Saleh menyebut, pada Penghargaan Inovasi Daerah Kabupaten Barito Timur antar OPD tahun ini, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Barito Timur dengan Inovasi Sistem Informasi Pengelolaan Retribusi Menara atau Simpera.

Habis itu, Badan Pendapatan Daerah Barito Timur dengan inovasi Kemudahan Pelayanan Kepengurusan BPHTB melalui layanan My BPHTB serta Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Barito Timur dengan inovasi Sistem Informasi Anggaran Monitoring, Evaluasi dan Laporan atau Si Amel. (ags)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!