DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Butuh Kebijakan Konkrit Tingkatkan Pertanian di Kotim

"Sejauh ini upaya pemerintah kabupaten dalam penyelenggraan program pertanian masih sangat minim, sehingga perlu adanya pengiatan melalui kebijakan yang berpihak kepada petani," ungkap Kadir.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Abdul Kadir, menyebutkan perlu upaya penguatan kebijakan dalam bidang pertanian.

“Sejauh ini upaya pemerintah kabupaten dalam penyelenggraan program pertanian masih sangat minim, sehingga perlu adanya pengiatan melalui kebijakan yang berpihak kepada petani,” ungkap Kadir.

Hal ini disampaikan Abdul Kadir, untuk menyikapi diajukannya rancangan peraturan daerah pencadangan pangan ke DPRD Kotim.

Ia mengatakan, ketahanan pangan dan ketersediaan beras akan dapat terwujud dengan baik, apabila didukung dengan regulasi dan fasilitasi atau pendampingan pemerintah yang baik dalam bidang pertanian.

Menurut Kadir, salah satu contoh misalnya, kurangnya minat masyarakat petani untuk menggarap lahan oleh karena pendapatan dari hasil pertanian yang masih belum mampu menopang kehidupan keluarga petani dengan baik.

Bahkan ada petani yang cendrung merugi beberapa kali mengrap lahan pertanian. Salah satu keluhan adalah masih minimnya pendampingan yang dirasakan petani oleh pemerintah,” tandasnya.

Di sini, kata dia, termasuk stimulasi dalam bentuk subsidi bibit, pupuk, alat pertanian, penyuluh pertanian hingga peran dan proteksi pemerintah dalam tataniaga beras dari petani.

Harapan Fraksi Golkar, lanjutnya, ini betul-betul menjadi fokus pemerintah kabupaten kedepan. Terlebih lagi setelah Kalteng di canangkan sebagai kawasan Food Estate secara nasional.

“Tentu Kotim harus jadi daerah penyangga dengan mengambil bagian  dalam program ini. Keberadaan Raperda Cadangan Pangan dan ketersediaan jumlah beras ini dapat mewadahi ini semua untuk dapat memproteksi petani sehingga dapat sejahtera,” pungkas Kadir. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!