DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Dorong PKL Buah Musiman Jadi Usaha Wisata

POTO : PKL tampak berjualan di sepanjang jalan raya dan menggelar lapak di bahu jalan yang ramai arus lalu lintas.

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG.COM – Anggota komisi B DPRD Palangka Raya, Heri Purwanto.menyarankan, agar pemerintah kota setempat melalui instansi terkaitnya mencari lokasi atau tempat khusus bagi pedagang kreatif lapangan (PKL) buah musiman.

Hal tersebut kata dia bukanlah tanpa sebab, karena kehadiran PKL itu dalam menggelar usaha terlihat tidak tertata dengan baik. PKL tampak berjualan di sepanjang jalan raya dan menggelar lapak di bahu jalan yang nota bene ramai arus lalu lintas.

“Bisa dilihat, instansi terkait mau tak mau harus menertibkan para pedagang ini karena dinilai menyalahi aturan, mengganggu kelancaran lalu lintas,”ungkap Heri, Rabu (24/2/2021).

Maka itu lanjutnya, ada baiknya para pedagang buah musiman tersebut dapat menempati wadah atau lapak khusus yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Disisi lain ungkap Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, alangkah baiknya lagi bila pemerintah bisa menyediakan lahan yang representatif guna menampung para pedagang buah musiman.

Dengan adanya lokasi sentral atau terpusat, akan memudahkan masyarakat untuk menemukan kebutuhan buah-buahan. Sementara bagi pemerintah, kehadiran pedagang buah musiman ini berpotensi berkontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palangka Raya.

“Bahkan, momen pedagang buah musiman ini dapat dimanfaatkan oleh instansi terkait untuk membuat usaha wisata bersifat musiman. Dengan cara mengumpulkan para PKL di satu tempat yang tersentralisasi,”cetus Heri.

Selebihnya Heri yakin, dengan ditampungnya para PKL pada lahan yang representatif, tidak ada lagi pedagang yang berhamburan di jalan raya.

“Nah, untuk saat ini bagi para pedagang yang kedapatan melanggar, maka bisa ditindak dengan persuasif dan jelaskan pelanggarannya agar mereka paham serta bersedia pindah ke tempat yang tidak menyalahi aturan,” pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!