Kalimantan Tengah

TP PKK Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat Sukseskan Program Nasional Percepatan Vaksinasi

FOTO : Ketua Tim Penggerak PKK Yulistra Ivo menjadi narasumber webinar bertema Peran Keluarga Dalam Mendukung Vaksinasi Covid-19 disiarkan secara virtual melalui zoom dari Aula Serbaguna Istana Isen Mulang, Kamis (1/7).

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mendorong PKK Kabupaten/Kota untuk mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan, melakukan pengawasan dan dukungan pelaksanaan vaksinasi di kabupaten/kota, proaktif dalam level kebijakan membantu pemerintah dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk proaktif mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Sedangkan TP PKK Kabupaten/Kota turut berperan dalam edukasi terkait vaksinasi dan pemantauan dan evaluasi atas capaian vaksinasi per wilayah,” papar Yulistra Ivo saat menjadi salah satu narasumber dalam webinar bertema “Peran Keluarga Dalam Mendukung Vaksinasi Covid-19” yang disiarkan secara virtual melalui zoom dari Aula Serbaguna Istana Isen Mulang, Kamis (1/7).

Terjadinya mutasi virus Covid-19 yang sangat cepat, membutuhkan penanganan yang cepat dan serius pula. Demikian dikatakan Ivo Sugianto Sabran mengawali pengantarnya.

“PKK sebagai organisasi kemasyarakatan terus aktif berpartisipasi dan berperan dalam upaya penanganan kasus Covid-19 dengan berbagai gerakan di tengah masyarakat. Di tengah pandemi Covid-19, PKK terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Bila tidak memungkinkan di zona tertentu kita bisa melakukan lewat virtual, sosial media,” ungkapnya.

Menurut Ivo demikian sapaan akrab wanita asal Jawa Tengah ini, peran dan kebijakan teknis yang dilakukan PKK ikut serta dalam perencanaan vaksinasi bersama gubernur dan lintas sektoral.

“Sementara itu TP PKK Kecamatan memberikan edukasi positif ke masyarakat di tingkat dasawisma dan bekerjasama dengan pemerintah desa,” ujarnya

Lebih lanjut Ivo mengharapkan, para kader PKK bisa mensosialisasikan terkait perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga misalnya mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban yang sehat, memberantas jentik nyamuk di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari.

“Saya minta kader penggerak PKK Kabupaten/Kota untuk jangan henti-hentinya terus mensosialisasikan terkait prokes dan sukseskan vaksinasi Covid-19. Kita dorong dan ajak masyarakat untuk mengikuti vaksin di faskes terdekat. Kita tekankan pada masyarakat untuk jangan takut pada vaksinnya, tetapi takuti virusnya,” pungkasnya. (sog/sbt)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *