DPRD Kalimantan TengahDPRD Kota Palangka RayaKalimantan TengahKalteng BerkahPalangka Raya

Ivo Sugianto Sabran : Angka Stunting Harus Ditekan

FOTO : Ketua TP. PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran 

GERAKKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Ketua TP. PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menyampaikan stunting di Provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan Survey Pemantauan Status Gizi (PSG), Data Riset Kesehatan Dasar (RIKESDAS) dan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), angka stunting masih harus ditekan karena masih diatas ambang batas nasional.

Hal itu ia sampaikan seusai Peresmian Gedung Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng, di Halaman Kantor DP3APPKB, Selasa (22/2/2022).

“Saya mengajak kita semua untuk bahu membahu menekan angka stunting melalui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi. Karena untuk menekan angka stunting bukan hanya menjadi kewajiban dan tugas dinas kesehatan atau dinas-dinas tertentu saja melainkan seluruh instansi dapat turut serta memperhatikan pencapaian program dan kegiatan untuk menekan angka stunting ini,” ucap Ivo.

“Selaku Bunda Forum Anak lanjutnya, masih sering mendengar kasus-kasus kekerasan seksual, penganiayaan pada anak dan kasus-kasus terkait penggunaan narkoba pada anak dan remaja di berbagai wilayah di Indonesia dan perlunya pemenuhan dan perlindungan pada anak. “Saya berterimakasih karena saat ini telah tersedia sekretariat bagi Forum Anak Daerah Prov. Kalteng,” tambahnya.

Ivo juga menyampaikan bahwa pelibatan Tim Pengerak PKK dan Forum Anak sudah sesuai peran dan fungsinya, guna mendukung semua perempuan dan anak di Kalteng, untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, tentu akan mempercepat sasaran peningkatan SDM yang mampu berdaya saing dan menjadi kekuatan bagi bangsa.
Anak adalah generasi penerus bangsa, diharapkan suatu saat Prov. Kalteng mampu mewujudkan Provila atau Provinsi Layak Anak, untuk keberlangsungan generasi penerus bangsa yang berkembang secara positif di lingkungannya yang nyaman.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur H. Sugianto Sabran melalui Wakil Guber Edy Pratowo mengatakan tugas pokok dan fungsi DP3APPKB Prov. Kalteng sangat penting, karena selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga untuk membentuk perempuan hebat dan memberikan perlindungan bagi anak untuk mewujudkan keluarga berkualitas di Kalteng. Upaya-upaya untuk penanganan dan pencegahan stunting juga harus tetap giat dilakukan bersinergi dengan seluruh pihak terkait termasuk dengan Tim Penggerak PKK.

Turut hadir dalam peresmian gedung kantor DP3APPKB Prov. Kalteng tersebut Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Pj. Sekretaris Daerah H. Nuryakin, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden, Ketua DWP Prov. Kalteng Hj. Anitha Nuryakin, serta Kepala Perangkat Daerah terkait lainnya. (Don/MMC)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!