EDUKASI & RISTEK

Keluarga Besar SDIT Al-Madaniyah Samuda Buka Puasa Bersama

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh asatidz/asatidzah dan orangtua, wali murid yang sudah membantu dan mendukung terlaksananya kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa istiqomah, terus dilaksanakan setiap tahunya,” kata Mutaqin, Jumat 8 April 2022.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Untuk mempererat silaturahmi dan membangun keakraban antara para guru dengan peserta didik, SDIT Al-Madaniyah Samuda menggelar acara buka puasa bersama dengan seluruh Asatidz/Asatidzah dan peserta didik kelas IV, V dan VI.

Kepala SDIT Al-Madaniyah Samuda, Mutaqin Saufi menyampaikan bahwa buka puasa bersama sudah menjadi agenda rutin setiap bulan Ramadan. Salah satu tujuannya adalah untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan antara sesama teman maupun rekan kerja.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh asatidz/asatidzah dan orangtua, wali murid yang sudah membantu dan mendukung terlaksananya kegiatan ini, semoga kegiatan ini bisa istiqomah, terus dilaksanakan setiap tahunya,” kata Mutaqin, Jumat 8 April 2022.

Sebelum acara buka bersama dimulai, kegiatan ini diisi dengan tampilan tanding hafalan surah dan dai Cilik. Untuk tanding hafalan surah tampil Muhammad Aiman Hauzan dan Adzkia dari kelas VA dengan Surah Al-Buruj, sedangkan untuk dai cilik tampil Muhammad Syariffullah dari kelas VA dan Dira Khairunna Latifa Marsudi dari kelas IIIb.

Syarifullah dalam tausiahnya menyampaikan tentang hikmah puasa pada bulan Ramadan, salah satunya adalah untuk menyehatkan badan, sesuai dengan hadits nabi yang diriwayatkan Ath Thabrani ‘berpuasalah niscaya kalian akan sehat’. Penyampaian dilakukannya dengan semangat sehingga membuat peserta didik lainnya juga terpancing.  Sedangkan Dira menyampaikan dalil tentang kewajiban berpuasa di bulan Ramadan, yaitu surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya ‘Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa’.

“Mari teman-teman jangan sampai kita meninggalkan puasa di Bulan Ramadan,” ucap Dira. Selepas buka bersama dengan menu takjil yang sudah disiapkan, dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah dan makan bersama. (Rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!