DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

RSUD Murjani Siap Tangani Pasien Suspek Korona

“Saat ini RSUD Murjani sudah tersedia ruang dekontaminasi untuk memastikan apakah ada gejala terjangkit virus atau tidak,” terang Yudha, Kamis (30/1/2020).

gerakkalteng.com – SAMPIT – RSUD dr Murjani Sampit menjadi salah saru rumah sakit rujukan penanganan kasus virus korona apabila ada terjadi indikasi di daerah tersebut. Persiapan rumah sakit milik Pemkab Kotim itu dalam menangangi virus mematikan tersebut ditandai dengan petugas medis menggelar simulasi menangani pasien terduga terjangkit virus.

Wakil Direktur RS Murjani dr Yudha Herlambang mengaku, petugas medis siap menangani pasien kiriman dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang diduga terjangkit virus korona.

“Saat ini RSUD Murjani sudah tersedia ruang dekontaminasi untuk memastikan apakah ada gejala terjangkit virus atau tidak,” terang Yudha, Kamis (30/1/2020).

Dikatakan Yudha, selain menyediakan ruang khusus, petugas medis yang berjaga di instalasi gawat darurat pun sudah memahami prosedur tetap penanganan pasien suspek virus korona. Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan RSUD Murjani dalam menangani pasien yang dicurigai terinfeksi virus korona.

Mereka yang terkena virus korona akan rawat di ruang isolasi khusus. Mengingat virus korona itu menular dengan dua cara yakni dengan kontak langsung dan melalui udara. Pasien dengan infeksi virus ini akan merasakan ada gangguan di pernafasan, dan gagal nafas serta hingga saat ini belum ada obat yang spesifik untuk mengobati virus korona.

“Kalau ada pasien terjangkit virus itu, maka kita lihat dulu kondisinya. Kalau bisa kita tangani di sini, kita tangani kalau tidak harusd dirujuk,” ungkap Yudha. (so/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!