HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Kalteng Raih Terbaik II Nasional Reforma Agraria Kategori Pelepasan Tanah dari Kawasan Hutan

Gerakkalteng.com – Jakarta – Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menerima Anugerah Penghargaaan Reforma Agraria dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI). Penghargaan diterima Gubernur Kalteng melalui Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Kalteng Herson B. Aden pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Reforma Agraria yang dirangkai dengan penyerahan Penghargaan Reforma Agraria tahun 2023 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Jalan Arteri Pondok Indah – Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).

Melalui sambungan telepon, Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Herson B. Aden mengatakan kepada MMCKalteng bahwa Prov. Kalteng mendapat penghargaan terbaik 2 (dua) untuk Kategori Pelepasan Tanah dari Kawasan Hutan tahun 2020-2023.

Herson menjelaskan, adapun hasil Pemberian Anugerah tersebut untuk Kategori Realisasi Tanah dari Pelepasan Kawasan Hutan 2020 – 2023, juara pertama diraih oleh Kalimantan Barat, disusul Kalimantan Tengah dan Riau. Sementara itu, kategori Legalisasi Aset Tanah Transmigrasi 2015-2023, Juara Pertama diraih Kalimantan Selatan disusul Lampung dan Riau.

Selanjutnya Kategori Penataan Akses 2021-2023 Juara Pertama Jawa Barat, disusul Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan dan Kategori Gugus Tugas Reforma Agraria Terbaik 2021 -2023 untuk Juara Pertama diraih Jawa Barat, disusul Aceh dan Jambi.

“Bapak Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran akan terus mendukung program Reforma Agraria serta berkomitmen terus mendukung dan turut berkontribusi dalam menyukseskan reforma agraria di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ujarnya singkat.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan ini ditutup dengan Kick Off Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria, dan dilanjutkan sesi gelar wicara.

Rakornas Reforma Agraria tahun 2023 dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wamen Menteri LHK Alue Dohong, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto selaku Ketua Harian Percepatan Reforma Agraria Nasional dan Seluruh Kepala Daerah Finalis Anugerah Reforma Agraria tahun 2023. Acara juga diikuti lebih dari 800 orang secara luring yang terdiri dari berbagai stakeholders, mencakup 19 Kementerian/Lembaga, 38 Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kabupaten/Kota, Kantor Wilayah Pertanahan serta Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan seluruh Indonesia.

Turut Hadir mendampingi Plt Kepala Biro Pemerintahan dan Orda Rusita Murniasi.

(Don/mmc/**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!